Translate

Redaksi Tabuka News | 13 February 2024

Wabup JR Imbau Warga Tingkatkan Kesadaran Menggunakan Hak Suara di Pemilu 2024, Menentukan Masa Depan Bangsa dan Daerah

Wabup JR Imbau Warga Tingkatkan Kesadaran Menggunakan Hak Suara di Pemilu 2024, Menentukan Masa Depan Bangsa dan Daerah


Timika, Tabukanews.com – Tinggal 1 hari lagi digelar Pemilu Serentak, untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta Anggota DPD, DPR RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten-Kota.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengimbau warga untuk ramai-ramai datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak suaranya.

Menurutnya, suara rakyat itu teramat penting untuk menentukan masa depan bangsa dan daerah 5 tahun ke depan.

“Saya wakil bupati Mimika menyampaikan, mari kita laksanakan pemilu dengan baik. Yang pertama, seluruh masyarakat datang ke tempat pemungutan suara, menggunakan hak suaranya sebagai kewajiban warga negara Indonesia, dan jangan menjadi golpot,” ujarnya Selasa (13/02).

“Datanglah ramai-ramai ke TPS untuk memilih semua yang dapat dipercaya,” ajaknya.

Wabup berharap di tahun 2024 ini, partisipasi warga ikut pemilu dapat meningkat.

Pada pemilu tahun 2029 lalu, diketahui angka partisipasi warga berada di 69 persen. Di tahun ini diharapkan angka ini naik.

“Saya berharap partisipasi masyarakat ke TPS meningkat. Pada tahun 2019 partispasi masyarakat di Mimika dari Daftar Pemilih Tetap hanya 69 persen. Artinya 31 persen masyarakat tidak datang menggunakan hak pilihnya. Tahun ini harus ada peningkatan,” ujarnya.

“Kita berharap masyarakat memiliki kesadaran untuk memilih. Karena suara rakyat merupakan masa depan bangsa dan negara kita,” tambah Wabup JR.

Wabup berharap semua warga berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Kedua, kita harap pemilu berjalan dengan damai. Laksanakan dengan sukacita. Kita jaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” sebutnya.

JR berharap Pemilu 2024 terlaksana dengan jujur, adil dan transparan.

“Saya berharap kita semua jaga, apabila ada kecurangan yang terjadi, bapak-ibu, masyarakat Mimika dapat melaporkan sesuai prosedur ke Bawaslu atau pandis-pandis,”

“Saya berpesan juga, mari kita kawal suara kita. Kepada para caleg dan saksi, gunakan kewenangan menjadi saksi sesuai aturan KPU. Semua kita kawal,”

“Kita punya hak untuk menentukan masa depan Indonesia, Papua Tengah dan Kabupaten Mimika. Pilihlah wakil rakyat yang dapat dipercaya, yang bisa memperhatikan masyarakat kecil. Suara bapak-ibu menentukan masa depan Indonesia,” tandasnya.(Manu)