Translate

Redaksi Tabuka News | 06 February 2023

UMKM Binaan Kadin Mimika Akan Studi Banding Pengolahan Sampah ke Banyumas

 UMKM Binaan Kadin Mimika Akan Studi Banding Pengolahan Sampah ke Banyumas

Timika, Tabukanews.com – Di tahun 2023 ini Kamar dagang industri (Kadin) berencana akan memberangkatkan UMKM di bawah naungan Kadin Mimika, untuk melakukan studi banding pengolahan sampah yang memiliki nilai ekonomis ke Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Kadin Mimika, Bram Raweyai, Minggu (05/02/2023) mengatakan, kegiatan studi banding ini sebagai komitmen Kadin Mimika sebagai mitra pemerintah untuk mendukung program memajukan UMKM di Mimika.

"Ini merupakan bagian dari program-program kami yang kami fokuskan tahun ini, yaitu bekerjasama dengan pemerintah yaitu dari program dari pak Plt. Bupati Mimika yaitu UMKM dan pengolahan sampah," ujarnya. 

Bram menjelaskan alasan mengapa memilih Kabupaten Banyumas itu lantaran daerah itu merupakan salah satu daerah yang sukses mengolah sampah yang bisa memiliki nilai ekonomis. 

"Saat rapat Nasional Kadin, di situ Banyumas daerah yang paling sukses kelola sampah. Jadi sampah bisa jadi uang. Rencana bulan depan kami berangkat dan pak Plt. sangat mendukung kegiatan ini," ungkapnya.

Menurutnya, pengolahan sampah nantinya akan dilakukan dengan membedakan dua jenis macam sampah, yaitu sampah organik dan anorganik. Selanjutnya Kadin akan bekerja sama dengan RT-RT dan paguyuban-paguyuban dalam pengolahan sampah.

"Sampah organik atau sampah basah itu bisa jadi pakan ternak. Sedangkan anorganik atau sampah kering bisa jadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi. Kami libatkan masyarakat nanti akan diberikan bantuan tetapi kompensasinya harus diganti dengan sampah," tandasnya.(dzy)