Translate

Redaksi Tabuka News | 02 February 2023

Tarian Mee dan Ngalum Iringi Para Uskup Masuk Gereja Katedral

Tarian Mee dan Ngalum Iringi Para Uskup Masuk Gereja Katedral

 

Jayapura, Tabukanews.com - Rombongan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo beserta para Uskup dan Uskup terpilih, dihentar oleh prosesi adat dari dua suku yakni Mee yang berasal dari wilayah adat Meepago dan suku Ngalum dari wilayah adat Lapago, pada Kamis (02/02/2023).

Perarakan suci yang disandingkan dengan budaya Papua itu dimulai dari halaman asrama putri Karitas Dok 5 Jayapura, yang letaknya tak jauh dari gereja Katolik Katedral Kristus Raja Jayapura. 

"Ini sudah jadi tradisi ketika melakukan misa tahbisan di lingkup agama Katolik. Biasanya diawali dengan prosesi adat," kata Dony Gobai, Sekretaris II Panitia Tahbisan Uskup Jayapura.

Lagi katanya, perarakan ini hanya sampai pintu utama gereja Katedral selanjutnya dilakukan sebagaimana aturan dalam agama Katolik yakni liturgi tahbisan.

Setibanya di halaman gereja, Mgr. Piero Pioppo, selaku Nuncio Apostolic Duta Besar Vatikan untuk Indonesia memberikan berkat kepada semua umat yang melakukan ritual adat sambil berjalan menuju ke dalam gereja.

"Dengan memberikan berkat dari Bapa Nuncio, umat tambah semangat," kata dia. 

Dengan kolaborasi tarian adat itu, melambangkan bahwa di Papua selalu terjalin kebersamaan dalam membangun persaudaraan, jiwa toleransi dan hubungan sesama antar umat beragama di tengah-tengah masyarakat di Papua.(dzy)