Translate

Redaksi Tabuka News | 25 August 2023

STKIP Hermon - Timika Gelar Kuliah Umum,Ini Pesan Prof Mesak Iek

STKIP Hermon - Timika Gelar Kuliah Umum,Ini Pesan Prof Mesak Iek

Timika,Tabukanews.com

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP)-Hermon Timika menggelar kuliah umum di aula STKIP Hermon-Timika, Kabupaten Mimika,Provinsi Papua Tengah. Kuliah umum tersebut digelar selama dua hari Kamis (24/8/2023)-Jumat (25/8/2023).

Diikuti oleh seluruh mahasiswa STKIP Hermon Timika.Adapun tema yang diangkat dalam kuliah umum ini adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul,kompetitif dan Mahasiswa Berkarakter.

Hadir sebagai pembicara dalam kuliah umum tersebut adalah Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih, Prof Dr Mesak Iek, SE, MSI. Adapun meteri yang disampaikan dalam kuliah umum tersebut adalah Penerapan Model Contextual Agro-Based Cluster dalam Pengembangan Wilayah Perdesaan di Tanah Papua.

Prof Dr Mesak Iek,ditemui usai memberikan kuliah umum berpesan kepada para mahasiswa bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Pembentukan SDM komponen utama adalah guru. Jadi ketika guru ini mengikuti pendidikan ini dengan baik,mereka ini nanti  pertama yang akan turun menyiapkan SDM generasi berikutnya. Jadi guru belum siap ini menjadi bahaya SDM ke depan"pesan Prof Mesak.

Oleh karena itu dirinya menghimbau kepada seluruh mahasiswa STKIP-Hermon Timika agar menggunakan kesempatan belejar di STKIP Hermon ini dengan baik.

Ia menambahkan bahwa pembanguanan SDM ini bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah saja namun keterlibatan semua pihak sangat dibutuhkan dalam pembanguanan SDM.

"Keterlibatan dari yayasan dan swasta harus terlibat. Sya lihat di sini luar biasa,ini kota yang berkembang , jumlah penduduk terus berkembang dan ini sarana sarana yang turut mendukung SDM di Papua"kata Prof Mesak.

Ketua STKIP-Hermon Timika, Densemina Yunita Wabdaron,S.Pd,M.Pd, mengatakan kuliah umum ini dilaksanakan untuk menambah wawasan mahasiswa dalam proses perkuliahan.

"Mereka menimbah ilmu ini bukan saja ilmu pendidikan tetapi ilmu lain yang bisa menguatakan mereka untuk menunjang mereka ketika mereka menjadi tenaga pendidik seperti ilmu ekonomi,ilmu ilmu sosial itu sangat menunjang untuk pengembangan SDM. Apalagi kita bicara tingkat kemiskin,tingkat SDM Papua dari daerah pesisir dan pegunungan yang membutuhkan guru yang memiliki kualitas yang baik"kata Densemina.

Densemina mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya segera mengajukan MoU dengan Uncen melalui Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk Progaram Kampus Merdeka Belajar.

"Untuk menambah pengetahuan dan kreativitas mahasiswa kedepan dalam program program pembelajaran Kampus Merdeka" kata Densemina.

Ia menjelaskan untuk meteri selanjutanya yang akan dibawakan dalam kuliah umum Jumat (25/8/2023)adalah standar oprasional perkulihan mahasiswa di STKIP Hermon, Kamtibmas yang akan disampaikan oleh pihak Kepolisian dan terakhir adalah Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan Aplikasi Siakat.

"Setiap perguruan tinggi menggunakan aplikasi Siakat dalam melakukan kegiataan akademik,STKIP Hermon baru memulai yang berbasis online, selama ini berbasis manual, tahun akademik ini kita memulai dengan sistem online" kata Densemina. (**)