Translate

Redaksi Tabuka News | 12 April 2023

Sebar Hoax, ternyata KST yang Bakar Honai Warga di Intan Jaya

Sebar Hoax, ternyata KST yang Bakar Honai Warga di Intan Jaya

Timika, Tabukanews.com - Aksi kekejaman Kelompok Separatis Teroris (KST) kini membakar rumah atau honai warga Kampung Mbamonggo, Distrik Agisiga Kab. Intan Jaya, Selasa (11/04/2023).

Tak berhenti di situ, KST menyebar hoax atau berita bohong, dengan memfitnah bahwa pelaku pembakar honai tersebut disebut prajurit TNI, padahal KST sendiri yang membakarnya.

"Modus dan praktek seperti itu memang identik ulah teroris. Sudah pantas masyarakat resah dan mulai berani melaporkan kepada aparat keamanan tentang ulah pembakaran honai warga," ujar Kolonel Kav Herman, Kapendam XVII/Cenderawasih lewat presrilisnya yang diterima media, Rabu (12/04/2023) terkait pembakaran honai warga Intan Jaya.

Lagi katanya, TNI Polri terus akan melakukan upaya penegakan hukum dalam rangka memberi rasa aman bagi warga Papua.

"Penegakan hukum akan terus dilakukan oleh aparat TNI Polri, termasuk melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari teror serta intimidasi KST," imbuhnya.

Lokasi pembakaran honai oleh KST berada di Kampung Mbamoggo dan kemudian mereka meninggalkan lokasi tersebut.

Mengetahui adanya pembakaran honai, dengan sigap personel TNI dari Satgas YPR 305-Tengkorak melakukan pengecekan di sekitar lokasi pembakaran dan menemukan barang-barang bukti milik KST berupa Senapan Angin, beberapa butir Munisi,  Bendera bintang kejora dan Teropong siang.

"Saat ini aparat TNI sedang melakukan siaga mengantisipasi pembakaran Honai, sekaligus untuk melindungi masyarakat yang berada di sekitar perkampungan tersebut," tutup Kolonel Kav Herman.(dzy)