Translate

Redaksi Tabuka News | 17 August 2023

Pj. Bupati Pimpin Upacara Pengibaran Bendera 17 Agustus di Timika

Pj. Bupati Pimpin Upacara Pengibaran Bendera 17 Agustus di Timika

Timika,Tabukanews.com

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) tahun 2023 di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, ditandai dengan Upacara Detik-detik Proklamasi yang berlangsung di Lapangan Kantor Pusat Pemerintah Kabupaten Mimika, SP3, Distrik Kuala Kencana, Kamis (17/8/2023), dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Mimika, Valentinus S. Sumito, yang hadir mengenakan pakaian adat Makassar Sulawesi Selatan.

Dikutip dari diskominfo.mimikakab.go.id bertindak sebagai  Komandan Upacara yakni AKP Julkifli Sinaga, lulusan Akademi Kepolisian Tahun 2013 yang sehari-hari menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Mimika.

Selanjutnya bertindak sebagai Danki Paskibra yaitu Ipda Lalu Hiskam Anady, Kanit Samapta Sek Kawasan Pelabuhan Poumako. Sedangkan Perwira Upacara yaitu Kompol Hermanto, Wakapolres Mimika. 

Bertindak selaku pembawa bendera ialah Siti Rukmana Anthomina Rumbiak, kelahiran Wamena, 24 Januari 2008, asal SMAN 1 Mimika, anak dari Vanpieter dan Lina Rumbiak.

Sementara pengibar bendera ada tiga orang yakni Achmad Raihan H. Kaplele. Pelajar SMAN 6 Mimika ini lahir di Timika, 18 Februari 2007, orang tua yaitu Achmad Reza Kaplele dan Jumiati Abdu. Michael Mario Christiandro Ngoranubun, yang lahir di Surabaya, 25 Juli 2006. Anak dari Anwar Zadak Rumonin dan Ancelina Ngoranubun ini bersekolah di SMAN 1 Mimika.  Aloysius Virgii Bokeyau, kelahiran Timika, 26 Juni 2005. Putra dari Fransiskus Bokeyau dan Yudith Sisilia Herembah, bersekolah di SMAN 1 Mimika.

Upacara yang dihadiri pula oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Dr. Petrus Yumte, para asisten, staf ahli, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, BUMN, instansi swasta, paguyuban dan kerukunan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, sebagian besar memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Dimulai pukul 09.00 WIT dan diawali dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Mimika Anton Bukaleng, S.Sos., M.Si., dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara. Kemudian doa dibacakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Lucas Yasi, S.Ag.

Berikutnya penyerahan bendera merah putih oleh inspektur upacara kepada pembawa bendera, untuk selanjutnya bersiap dikibarkan. Pengibaran bendera berlangsung lancar dan khidmat. Akhirnya upacara ditutup dengan foto bersama, serta seka dipandu pemenang lomba seka jalan. 

Pj. Bupati Mimika menyampaikan kepada seluruh warga Mimika, "Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Mimika mengucapkan Selamat HUT ke-78 RI, Terus Melaju Menuju Indonesia Maju.".

Rangkaian acara semakin bermakna dengan persembahan lagu-lagu kebangsaan dan lagu daerah yang ditampilkan paduan suara Iyakoko Patea, dengan anggotanya mengenakan pakaian adat Nusantara. 

Kuliner yang disiapkan berupa umbi-umbian, papeda dan bakso, langsung dinikmati usai upacara oleh peserta upacara dari berbagai satuan TNI, POLRI, Aparatur Sipil Negara (ASN), Basarnas serta masyarakat yang turut hadir menyaksikan upacara pengibaran bendera. 

Pada kesempatan usai upacara, dibacakan pula pemenang lomba-lomba yang telah diadakan oleh panitia HUT RI di Kabupaten Mimika, yang diketuai oleh Plh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Mimika, Petrus Lewa Koten, S.H., M.Si., diantaranya lomba karnaval, seka jalan, lari maraton, marching band, pawai kendaraan hias, biliar dan lomba kampung serta kelurahan.

Hadiah bagi pemenang lomba diserahkan usai upacara, diselingi dengan pembagian hadiah door prize bagi yang bisa menjawab pertanyaan seputar hari kemerdekaan.

Rangkaian acara usai upacara bendera kali ini juga dimeriahkan dengan konvoi puluhan motor dan mobil yang tergabung dalam Ikatan Motor dan Mobil Indonesia ranting Timika, dilepas oleh Pj. Sekda Mimika dengan mengatakan, "Selamat menghibur masyarakat kota Timika. Mari kita jaga keamanan dan ketertiban lalu lintas di Mimika. Semoga kelompok ini makin maju dan dapat mencegah kecelakaan lalu lintas di Mimika dengan memberi contoh teladan bagaimana berkendara yang baik. Tuhan memberkati kita semua."

Usai upacara, Pj. Bupati Mimika menuju ke Lapas Kelas II B Timika di SP 5 untuk menyerahkan remisi kepada warga binaan Lapas Timika. Pada sore hari diadakan upacara penurunan bendera pukul 17.00 WIT di lapangan upacara Kantor Pusat Pemerintahan SP 3, dilanjutkan resepsi kenegaraan di Gedung Eme Neme Yauware pada malam hari. (**)