Translate

Redaksi Tabuka News | 24 June 2023

Pj Bupati Pimpin Pembersihan Lokasi Pembangunan Taman Kota Mappi

Pj Bupati Pimpin Pembersihan Lokasi Pembangunan Taman Kota Mappi

MAPPI, TABUKANEWS.COM – Sambutan positif masyarakat dengan kehadiran Taman Mappi Bangkit memicu Pemerintah Kabupaten Mappi untuk membangun taman yang lebih luas. Tahun ini Pemkab akan membangun Taman Kota Mappi. 

Sebelum dibangun, diawali dengan pembersihan lokasi dengan membongkar bangunan kantor distrik yang merupakan aset daerah. Bangunan ini dibongkar karena terdampak pembangunan. Pembongkaran ini dilakukan Sabtu (24/6/2023) dipimpin langsung oleh Pj Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar, S.STP., M.Si bersama Forkopimda dan jajaran pimpinan OPD. 

Kepala Dinas PUPR Mappi, Paskalis Prayitno menjelaskan bahwa pembongkaran ini sudah melalui prosedur. Diawali dengan proses penilaian aset oleh KPPN Jayapura. Setelah itu proses lelang aset kemudian dibongkar. 

“Karena di atas lahan bangunan ini akan kita bangun taman kota, jadi kita lalui dulu dengan proses administrasi penghapusan aset. Untuk proses pembangunan yang akan berlangsung sendiri, kita berusaha percepat sampai selesai makanya kita mulai pembongkaran. Pembangunan akan kita mulai setelah ini,” jelas Paskalis. 

Pembangunan dilakukan dengan menggunakan APBD Kabupaten Mappi Tahun 2023 sebesar Rp 6 miliar. Kemudian ada bantuan dari APBD Provinsi Papua Selatan sebesar Rp 950 juta. Selanjutnya, jika masih ada kekurangan akan dianggarkan dalam APBD Tahun 2024.

Taman Kota Mappi dirancang tidak sekadar sebagai ruang terbuka hijau, tapi juga menjadi pusat kuliner dari mama-mama Papua. Dinas Perindustrian Mappi juga akan membangun sebuah galeri di atasnya untuk menjual hasil karya kerajinan mama-mama Papua. 

“Taman untuk ruang publik karena di sini masih sangat terbatas setelah itu kita beri ruang pada ekonomi masyarakat untuk jajakan kuliner dan hasil kerajinan,” ungkapnya.(*)