Translate

Redaksi Tabuka News | 08 August 2023

Pj Bupati Mimika Lakukan Seka Bersama Peserta Lomba Seka Sambut HUT Ke-78 RI

Pj Bupati Mimika Lakukan Seka Bersama Peserta Lomba Seka Sambut HUT Ke-78 RI


Timika,TabukaNews.com - Menyambut peringatan ulang tahun ke-78 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, dua perlombaan sekaligus yakni marching band atau drum band, dan lomba seka jalan, diadakan pada hari Senin (7/8/2023) di halaman Gedung Eme Neme Yauware, Timika.

Dimulai dengan marching band yang diikuti oleh 7 peserta berasal dari SD YPPK Waonaripi, SD Inpres Kwamki 2, SMP Advent, SMP Yapis, SMPN 2, SMPN 10 dan SMAN 1 Timika. 

Pelepasan lomba dilakukan oleh Penjabat (Pj.) Bupati Mimika, Valentinus S. Sumito, S.IP., M.Si., didampingi Ketua Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI di Mimika, Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkopimda.

Pj. Bupati Mimika dalam sambutan saat melepas peserta lomba menyatakan bahwa berbagai agenda lomba ini untuk menunjukkan rasa nasionalisme yang tinggi kepada bangsa dan negara.

"Saya mengajak semua lapisan masyarakat Mimika untuk berpartisipasi dan berkontribusi menyemarakkan HUT RI, sehingga kita semua merasakan suasana hari kemerdekaan dan penuh semangat perjuangan, seperti semangat para pejuang kita untuk negara ini," kata Pj Bupati dikutip dari diskominfo.mimikakab.go.id

Usai tampil di hadapan Pj. Bupati Mimika, Asisten, pimpinan OPD dan Forkopimda, peserta marching band satu persatu menyusuri jalanan kota Timika dengan rute setelah keluar dari halaman gedung Eme Neme Yauware menuju Jl. Belibis, kemudian belok kiri ke Jl. Yos Sudarso, berbelok menuju Jl. Cenderawasih, selanjutnya ke arah Jl. Budi Utomo dan finish kembali ke halaman gedung Eme Neme Yauware. 

Setelah semua peserta marching band keluar dari halaman gedung Eme Neme Yauware, digelar lomba seka jalan yang diikuti 22 peserta, yaitu SD Advent, SD Santa Maria 1 dan 2, SMP Advent 1 dan 2, SMPN 8, SMPN 2, SMP Petra, SMPN 12, SMP Santa Maria, SMP Peduli Papua, SMAN 4 regu 1 dan 2, SMA YPK Ebenhaezer, SMK Filadelfia, SMA Taruna Timika, SMAN 5 Senta Pendidikan, SMA Santa Maria, SMA Advent, SMK Kesehatan Peduli Papua, SMK Petra dan SMK Don Bosco.

Para peserta seka jalan yang terdiri dari 15 orang per regu, menyuguhkan atraksi tarian seka di depan Pj. Bupati Mimika, Asisten, pimpinan OPD dan Forkopimda yang menyaksikan dengan antusias di teras gedung Eme Neme Yauware.

Saat peserta terakhir tampil dari SMK Don Bosco, para penari seka mengajak Pj. Bupati Mimika untuk melakukan seka bersama, ditemani para pimpinan OPD dan Forkopimda. 

Selanjutnya peserta seka jalan menampilkan aksi seka di jalanan kota Timika, menyusuri rute Jl. Belibis, putar di perempatan lampu merah ujung Jl. Belibis dan kembali berakhir di halaman gedung Eme Neme Yauware. Sambutan warga Timika sangat meriah, menyaksikan penampilan para peserta lomba di cuaca yang cukup cerah. 

Pj. Bupati Mimika saat ditanya kesan terhadap lomba tersebut menyebutkan masyarakat Mimika menyambut gembira perlombaan dalam rangka HUT RI. 

"Luar biasa sambutan masyarakat Mimika, yang dengan menunjukkan budaya asli Mimika pada lomba seka,"kata Pj Bupati.

Pj Bupati Mimika memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika bertekad menggaungkan kembali budaya asli Mimika.

"Kita bisa rangkaikan dengan Festival Budaya. Ini langkah kita selanjutnya. Sebab kita lihat sendiri, masyarakat menyambut dengan meriah. Ini akan mempersatukan kita sebagai wujud memperingati hari kemerdekaan," tegasnya. 

Menyimak antusiasme masyarakat Mimika sejak pembukaan rangkaian acara memperingati HUT RI hingga saat ini, dan masih ada beberapa lomba lainnya yang belum digelar, Pj. Bupati optimis masyarakat Mimika mendukung kegiatan yang diadakan oleh panitia.  

"Antusias masyarakat sangat tinggi, peserta lomba juga banyak, sehingga kami yakin hingga puncak acara HUT RI tetap mendapat dukungan masyarakat dengan meriah," kata Pj Bupati.

Ia pun berharap, pada puncak acara HUT RI yang ditandai dengan upacara bendera, para peserta upacara dapat mengenakan pakaian adat dari seluruh Nusantara. 

Pemenang lomba menyambut HUT RI di Mimika akan diumumkan pada upacara tanggal 17 Agustus 2023, sekaligus penyerahan hadiah. 

Pemenang lomba marching band akan mendapatkan total hadiah senilai 66 juta rupiah untuk juara 1, 2 dan 3. Sementara peserta lomba seka jalan ada 3 kategori yakni SD, SMP dan SMA/SMK, masing-masing memperebutkan juara 1 hingga 3 dengan total hadiah 51 juta rupiah.

Pada Selasa (08/08/2023), akan dilangsungkan lomba gerak jalan yang rencananya diikuti lebih dari 100 regu pelajar SMP, SMA/SMK dan umum. Lomba dimulai pukul 12.00 WIT, dengan start dari halaman gedung Eme Neme Yauware, menuju Jl. Budi Utomo, belok ke Jl. Hasanudin, menuju Jl. Yos Sudarso, berbelok Jl. Belibis dan berakhir di halaman gedung Eme Neme Yauware kembali. 

Sedangkan hari Kamis (10/08/2013) digelar lomba lari maraton untuk tiga kategori yaitu lari maraton 5 km untuk pelajar SD - SMP, maraton 10 km untuk pelajar SMA/SMK dan untuk umum lari maraton 21 km. Start pukul 06.30 WIT dengan finish di halaman gedung Eme Neme Yauware.

Terakhir, hari Sabtu (12/8/2023), ada pawai kendaraan hias mulai pukul 10.00 WIT dari halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika di SP 3, Distrik Kuala Kencana, dan berakhir di halaman gedung Eme Neme Yauware, Timika. (Celo)