Translate

Redaksi Tabuka News | 08 September 2023

Pj. Bupati Mappi Terima Penghargaan Ke-2 Atas Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dari Kemendagri

Pj. Bupati Mappi Terima Penghargaan Ke-2 Atas Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dari Kemendagri

JAKARTA, tabukanews.com - Kementerian Dalam Negeri kembali mempersembahkan penghargaan kepada provinsi, kabupaten dan kota yang turut mendukung suksesnya gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih Tahun 2023. 

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih ini dilakukan sejak 1 Juni sampai 31 Agustus 2023. Sejumlah daerah turut mendukung salah satunya Pemerintah Kabupaten Mappi yang membagikan Bendera Merah Putih hingga ke distrik dan kampung. 

Atas dukungan dan pencapaian itu, Pemkab Mappi dalam hal ini Pj Bupati, Michael R. Gomar, SSTP MSi menjadi salah satu dari 19 kepala daerah di Indonesia yang menerima penghargaan. Dari Papua, selain Pj Bupati Mappi, penghargaan juga diberikan kepada Pj Bupati Kepulauan Yapen. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo pada Jumat (8/9/2023) di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri. Pj Bupati Mappi, Michael Gomar juga hadir langsung untuk menerima penghargaan tersebut.

Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia untuk membangkitkan semangat nasionalisme. Ini merupakan tahun kedua dan Kabupaten Mappi selalu terlibat hingga akhirnya kembali menerima penghargaan yang sama untuk kedua kalinya.

Dalam mendukung gerakkan pembagian 10 juta bendera merah putih tahun 2023. Dimana Pemerintah Kabupaten Mappi mengawali kegiatan pembagian bendera merah putih melalui kegiatan Colour run setelah itu pembagian bendera merah putih ke Distrik hingga Kampung.

Selain kegiatan tersebut Pemkab Mappi juga melaksanakan pembentangan 78 meter bendera Merah Putih pada pelak HUT RI ke 78. Dan Pembentangan Kain merah putih sepanjang lima kikomter (5.000 meter) diatas rawa.

Pembentangan kain merah putih sepanjang 5.000 meter diatas rawa mendapat piagam penghargaan dari Museum Rekor MURI yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus lalu.

Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo dalam sambutannya mengatakan gerakan ini merupakan salah satu metode yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri untuk meningkatkan semangat nasionalisme sekaligus memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. 

Gerakan nasional ini merupakan salah satu terobosan yang diselenggarakan untuk memelihara kecintaan warga negara Indonesia terhadap simbol-simbol negara. Dengan begitu kerakatan warga dengan negara semakin kuat salah satunya kecintaan kepada Bendera Merah Putih. Pembagian dilakukan secara swadaya, bersama dan gotong royong. 

JWW, julukan Wamendagri asal Papua ini menegaskan gerakan ini bukan soal jumlah tetapi lebih kepada penguatan makna agar seluruh masyarakat Indonesia melakukan aksi yang sederhana yaitu melalui pengibaran Bendera Merah Putih.

“Melalui gerakan ini kita bisa melihat bagaimana Merah Putih sebagai identitas dan alat pemersatu masyarakat Indonesia akan berkibar di seluruh wilayah Indonesia. Kibaran Bendera Merah Putih di seluruh langit-langit wilayah Indonesia akan menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa Indonesia merupakan negara yang kuat dan bersatu dengan menegakkan kepala ke atas terlihat kibaran Merah Putih yang akan menggugah jiwa nasionalisme setiap masyarakat yang melihatnya,” jelasnya. 

Untuk itu lanjut JWW, Kemendagri memberikan penghargaan kepada pemda baik provinsi, kabupaten dan kota yang terlibat aktif dalam mendukung terlaksananya gerakan nasional pembagian 10 juta Bendera Merah Putih pada tahun 2023. 

“Semoga melalui pemberian piagam penghargaan ini kita semua semakin semangat memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat kita di daerah terutama generasi muda kita untuk semakin cinta kepada bangsa dan negaranya yaitu Indonesia tercinta. Ini sejalan dengan tema HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 yaitu Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” tambahnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP.,M.Si mengatakan penghargaan ke-2 ini dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Mappi, atas dukungan kerjasama dalam keg Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, dan ini menjadi semangat bagi Pemda dan seluruh masyarakat untuk terus berkarya membangun Kabupaten Mappi.(***MPI)