Translate

Redaksi Tabuka News | 01 August 2023

Pj. Bupati Mappi Membuka Uji Kompetensi dan Evaluasi Kinerja di Lingkungan Pemkab Mappi

Pj. Bupati Mappi Membuka Uji Kompetensi dan Evaluasi Kinerja di Lingkungan Pemkab Mappi

Mappi, Tabukanews.com - Pemerintah Kabupaten Mappi melakukan uji kompetensi dan pelaksanaan evaluasi kinerja Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. Kegiatan ini dibuka oleh Pj Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar, S.STP., M.Si selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pada Sabtu (29/7/2023). 

Uji kompetensi dan evaluasi kinerja pejabat yang dilakukan dua hari pada Sabtu-Minggu (29-30/7/2023) ini dilakukan oleh panitia seleksi yang terdiri dari Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura, Sabar P. Sormin, S.Kom, M.Si, Rektor Universitas Musamus, Dr. Drs. Beatus Tambaip, M.A, akademisi Universitas Cendrawasih Dr. Dra. Yosephina Ohoiwutun, M.Si, Inspektur Provinsi Papua, Drs Anggiat Situmorang, M.Si, Ak,CA, Qia, CFrA dan Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi, Ferdinandus Kainakaimu,S.Pd, M.Sc sebagai ketua panitia.

Uji kompetensi diikuti 5 orang pejabat pimpinan tinggi pratama. Sementara evaluasi kinerja dilakukan pada 13 orang pejabat pimpinan pratama. 

Pj Bupati Mappi, Michael Gomar mengatakan pelaksanaan uji kompetensi dan evaluasi kinerja dilakukan dalam rangka rotasi dan mutasi terhadap pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkab Mappi. "Dimana pada bulan Juni lalu kita sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan juga rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri untuk pelaksanaan uji kompetensi terhadap 5 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan 13 pejabat pimpinan tinggi pratama untuk pelaksanaan evaluasi kinerja,” jelas Pj Bupati. 

Hal ini dilakukan untuk melihat dan evaluasi kembali capaian indikator kinerja yang dilakukan oleh pejabat sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai pimpinan Organisasi Perangkat Daerah salah satunya kesesuaian dalam penggunaan anggaran dan program yang dihasilkan. 

Setiap OPD lanjut Pj Bupati, sudah memiliki visi misi yang dijabarkan dalam rencana trategis. Ini yang akan menjadi salah satu bahan penilaian bagi panitia seleksi, sejauh mana capaian indikator kinerja yang sudah dicapai oleh pejabat selama menjabat. 

"Pelaksanaan uji kompetensi dan evaluasi kinerja ini tentunya menjadi dasar dalam menentukan dan mempertimbangkan kedudukan jabatan untuk kepentingan rotasi dan mutasi pada jabatan tinggi pratama. Tetapi juga ini bukan memberhentikan atau menonjobkan bapak/ibu selaku pejabat pimpinan tinggi pratama,"tegasnya.

Pj Bupati menegaskan, uji kompetensi dan evaluasi kinerja ini dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebab dalam penetapan jabatan seorang ASN pada suatu jabatan harus melalui proses salah satunya uji kompetensi dan evaluasi kinerja yang dilakukan dalam beberapa tahapan, juga haruss mendapat rekomendasi dan persetujuan serta pertimbangan teknis dari BKN dalam rangka rotasi dan mutasi. 

Mengakakhiri sambutannya, Pj Bupati menyampaikan terima kasih kepada panitia seleksi yang sudah hadir langsung di Kabupaten Mappi dalam rangka uji kompetensi dan evaluasi kinerja pejabat pimpinan tinggi pratama.(***MPI)