Translate

Redaksi Tabuka News | 04 September 2023

Pj Bupati Mappi Launching Pengimbasan Metode Gasing Untuk 164 SD di Distrik Dan Kampung

Pj Bupati Mappi Launching Pengimbasan  Metode Gasing Untuk 164 SD di Distrik Dan Kampung

MAPPI, Tabukanews.com - Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP.,M.Si melaunching pengimbasan pandai berhitung dengan Metode Gasing dan Pelepasan tim para trainner atau instruktur pelaksanaan pengimbasan pandai berhitung metode gasing ke seluruh Distrik di Kabupaten Mappi yang berlangsung dihalaman Pendopo pada Senin (4/9/2023).

Kabupaten Mappi merupakan Kabupaten pertama di Provinsi Papua Selatan yang sudah melaksanakan pengimbasan pandai berhitung dengan metode Gasing sampai ditingkat Distrik dan Kampung.

Sebanyak 30 orang Trainner atau Instruktur akan disebarkan keseluruh Distrik di Kabupaten Mappi guna melakukan pengimbasan pandai berhitung dengan metode Gasing. Para trainner  akan memberikan pelatihan kepada 300 orang peserta yang merupakan para guru Sekolah Dasar (SD) yang mengajar di 164 SD di Distrik dan Kampung. Kegiatan tersebut berlangsung selama 14 hari dimana para trainner memberikan pelatihan.

Pelaksanaan kegiatan pun dibagi dalam lima titik zona wilayah dengan rinciaan, zona wilayah satu Distrik Oba'a sebanyak 23 SD, Distrik Pasue 23 SD dan Distrik Pasue bawah sebanyak 9 SD dan dipusatkan diwilayah Distrik Oba'a. 

 Zona wilayah dua Distrik Nambioman Bapai sebanyak 14 SD, Distrik Minyamur sebanyak 12 SD dan akan  dipusatkan di Distrik Minyamur. Zona wilayah tiga meliputi Distrik Citak Mitak 7 SD, Distrik Kaibar 6 SD dan Distrik Tizain 7 SD  dipusatkan di Distrik Citak Mitak.

Sementara zona wilayah empat meliputi

Distrik Asue 15 SD dan Distrik Haju 19 SD dipusatkan di Distrik Asue. Sementara zona wilayah lima meliputi Distrik Edera 11 SD, Distrik Bamgi 5 SD, Distrik Scyahame 7 SD, Distrik Venaha 7 SD dan Distrik Yakomi sebanyak 6 SD dipusatkan di Distrik Edera.

Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar S.STP.,M.Si dalam sambutannnya mengatakan kegiatan launching dan pelepasan tim pengimbasan pandai berhitung dengan metode Gasing merupakan tindaklanjut dari kegiatan pelatihan Pandai berhitung dengan metode Gasing yang telah diaksanakan oleh Dinas Pendidikan yang didukung oleh Profesor Yohanes Surya bersama tim melalui yayasan yang sudah dilaksanakan mulai beberapa bulan lalu di Kabupaten Mappi.


Dikatakan Pj Bupati bahwa program ini merupakan kebijakan pemerintah pusat yang diamanatkan kepada seluruh pemerintah Kabupaten/kota. 

"Dan kita bersyukur bahwa pemerintah Kabupaten Mappi adalah Kabupaten pertama di Provinsi Papua Selatan yang telah melaksanakan pelatihan pandai berhitung dengan metode Gasing di tahun 2023.  Selain itu patut kita syukuri dimana anak -anak kita sebanyak 10 orang sudah mengikuti Show dihadapan bapak Presiden bapak Joko Widodo beberapa waktu lalu di Jayapura,"ungkapnya.

Pj Bupati menyebutkan, semua ini bukan hal yang mudah, semua ini boleh terjadi berkat campur tangan Tuhan dan juga kerja keras dari bapak/ibu di Dinas Pendidikan yang didukung oleh para trainner atau guru-guru yang telah dilatih sebanyak 30 orang di Kabupaten Mappi. 

"Kita patut berbangga dimana saat ini dua orang guru dari Kabupaten Mappi sudah menjadi instruktur Nasional Metode Gasing dan saat ini meraka sudah di kirim ke Provinsi NTT dan Kabupaten Sorong," jelasnya.

Menurut Pj Bupati bahwa program akselerasi percepatan Numerasi merupakan program kebijakan pemerintah pusat dan dilakukan pengawasan secara langsung oleh Kementerian Dalam Negeri.

Ini juga merupakan salah satu indokator penilaian kepada dirinya sebagai Pj Bupati dalam mengimplementasikan program Gasing di Pemerintah Kabupaten Mappi. 


"Pada hari ini kita melaunching pengimbasan metode Gasing, sejauh ini saya belum dengar didaerah lain. Dan mungkin kita di Kabupaten Mappi yang pertama kali melakukan pengimbasan Metode Gasing sampai ditingkat Distrik dan Kampung. Kalau didaerah lain mungkin hanya dipusatkan dikota tetapi kita di Kabupaten Mappi sudah sampai ke tingkat Distrik dan Kampung,"tuturnya.

"Harapan kita adalah bagaimana para guru sebanyak 300 orang yang nantinya dilatih dapat benar -benar mengikuti pelatihan dari para trainner sehingga para guru yang ada di Distrik dan Kampung dapat mengimplementasikan kepada para siswa/siswi di sekolah -sekolah,"tambahnya.

Untuk diketahui kegiatan launching pengimbasan pandai berhitung dengan metode Gasing dan pelepasan para trainner atau instruktur turut di hadiri oleh Oleh Pj Bupati Mappi, Michael Gomar, para Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan para kepala OPD dilingkup Pemkab Mappi.(***MPI)