Translate

Redaksi Tabuka News | 16 August 2023

Pj. Bupati Mappi Jemput Riders Mappi Explorer Tour Di Pelabuhan Mur

Pj. Bupati Mappi Jemput Riders Mappi Explorer Tour Di Pelabuhan Mur

MAPPI, tabukanews.com - Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP.,M.Si menjemput rombongan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Korwil Merauke dan Peguyupan Otomotif Merauke yang tergabung dalam Mappi Explore tour di Pelabuhan Mur Distrik Nambioman Bapai, Selasa (14/8/2023).

Menggunakan sepeda motor Pj Bupati Mappi, Michael Gomar bersama pengurus IMI Kabupaten Mappi dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Cabang Mappi menjemput rombongan Mappi Explore Tour di pelabuhan Mur. 

Pj Bupati mengucapkan apresiasi kepada rombongan yang akhirnya bisa tiba di Kabupaten Mappi, meski harus melintasi perjalanan yang cukup jauh bahkan harus menyeberang dengan menggunakan Kapal Kayu dari Asiki sampai di pelabuhan Mur namun semunya bisa tiba dengan selamat.

Dikatakan Pj Bupati  bahwa Mappi Explore tour dilaksanakan dalam rangka menyongsong HUT RI ke 78 yang mana dilaksanakan berkat kolaborasi antara IMI Merauke, Peguyupan Otomotif Bersama dengan IMI dan RAPI Kabupaten Mappi.

Pj Bupati menjelaskan, dalam kegiatan Mappi Explore tour kali ini para rombongan tour juga akan melakukan pembentangan bendera merah putih sepanjang 78 meter yang akan dilaksanakan usai perayaan upacara HUT RI di halaman GOR Kepi.

"Secara pribadi dan pemerintah Kabupaten Mappi kami mengucapkan terimakasih karena rekan -rekan dari Merauke berkenan hadir dan merayakan HUT RI ke 78 di Kabupaten Mappi," ucapnya.

Pj Bupati mengatakan, dalam rangka menyambut HUT RI ke 78, Pemerintah Kabupaten Mappi telah menyelenggarakan beberapa kegiatan salah satunya mendukung kegiatan pusat yakni, gerakkan pembagian 10 juta bendera. Dan untuk di Kabupaten Mappi sudah dilaksanakan pembagian 5000 bendera merah putih beberapa waktu lalu.

Lebih jauh Pj Bupati mengatakan, sementara kegiatan berikutnya yang nanti akan dilakasanakan dengan rombongan Mappi Explore Touring yakni pembentangan bendera merah putih sepanjang 78 meter. Selain itu Pemkab Mappi juga akan melaksanakan kegiatan pembentangan kain merah putih diatas rawa sepanjang 5.000 meter dan ini akan tercatat di Rekor Muri.

"Kita juga berharap pada saat pembentangan kain merah putih sepanjang 5000 meter diatas rawa, akan dihadiri oleh bapak Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan,"tuturnya.

Dikesempatan yang sama saat tiba di pelabuhan Mur ketua IMI Merauke, Charles Gomar, mengatakan Mappi Explore Tour suatu pengalaman yang mengesankan dimana mereka bisa tour dari Merauke hingga tiba di Mappi meski harus menyebarang menggunakan kapal Kayu dari Asiki.

"Tour kali ini kami diundang khusus oleh Pj Bupati Mappi, kami akan berada selama empat hari di Kabupaten Mappi dan akan mendukung segala kegiatan Pemerintah daerah dalam memeriahkan HUT RI ke 78,"ungkapnya.

Carles mengaku IMI Korwil Merauke dan Peguyupan otomotif sangat senang bisa melakukan tour ke Kabupaten Mappi. Pasalnya tour kali ini sangat asyk sekali dan pengalaman-pengalaman yang cukuo unik dan menarik dan ini belum tentu bisa terulang kembali.

Ia menuturkan, rombongan Mappi Explore Tour sebanyak 50 unit kendaraan roda dua dan yang bisa tiba sampai di Kepi hanya 45 unit kendaraan lantaran terjadi gangguan pada mesin sehingga terpaksa harus kembali dikirim ke Merauke. 

Tour kali ini kami membatasi jumlah kendaraan yang ikut karena mengingat kondisi di perjalanan yang harus menyeberangi sungai dengan menggunakan kapal kayu selama satu hari satu malam.

Ia menjelaskan, rute tour tersebut star mulai dari Merauke - Asiki -Bade - Mur -Kepi (Ibu kota Kabupaten Mappi). Dimana para peserta tour setibanya di Asiki mereka harus menyeberang menggunakan dua unit kapal Kayu sampai di Distrik Nambiomaan Bapai atau yang sering dikenal Kampung Mur.

Ia menuturkan, mereka bergeser dari merauke tepat hari Minggu (13/8/2023) pagi, dalam perjalanan beberapa unit kendaraan tidak bisa melanjutkan perjalanan dikarenakan terjadi kerusakan pada mesin terpaksa harus dikirim kembali ke Merauke.

"Puji Tuhan perjalanan dari Merauke sampai Mappi berjalan lancar dan Kami menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Mappi dalam hal ini Bapak Pj Bupati yang telah mengundang kami untuk tour kesini,"tegasnya.

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Mappi yang turut melakukan penjemputan rombongan Mappi Explore Tour, Bernabas Gobay mengatakan apresia bagi IMI Merauke, Peguyupan Otomotif Merauke, IMI Mappi dan RAPI Cabang yang telah berkolabirasi dalam kegiatan tersebut.

"Kami dari anggota dewan sangat mengapresiasi kegiatan yang telah di gagas oleh bapak Pj Bupati bersama teman - teman ikatan motor. Kegiatan Mappi Explore tour ini sangat bagus dalam rangka menyambut HUT RI ke 78 tahun 2023 dimana kita bisa bersama -sama berkolaborasi untuk melaksanakan kegiatan ini,"terangnya.

Untuk diketahui setibanya di pelabuhan Mur rombongan Mappi Explore tour langsung menyerahkan bendera merah putih sepanjang 78 meter kepada Pj.Bupati Mappi yang nantinya akan dikibarkan usai Apel Upacara HUT RI ke 78 di halaman Gor Kepi.(***MPI)