Translate

Redaksi Tabuka News | 07 April 2023

PJ BUPATI MAPPI BUKA OPERASI PASAR MURAH, MENYAMBUT HARI RAYA PASKAH 2023

PJ BUPATI MAPPI BUKA OPERASI PASAR MURAH, MENYAMBUT HARI RAYA PASKAH 2023

MAPPI, TabukaNews.com – Pemerintah Kabupaten Mappi menggelar operasi pasar murah kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Mappi, sebagai salah satu upaya dalam rangka  pengendalian harga di Kabupaten Mappi. Operasi pasar murah tersebut secara resmi dibuka oleh penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.,STP, M.,Si pada, Senin (3/4/2023).

Pj Bupati Mappi Michael Gomar dalam sambutannya saat membuka operasi pasar murah mengatakan, bahwa dengan adanya penyesuaian kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berdampak pada kenaikan harga  bahan pokok di seluruh wilayah Indonesia. 

Untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok, maka pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri memberikan arahan kepada seluruh Kepala Daerah  Kabupaten/Kota untuk melaksanakan  pengendalian inflasi, agar menjaga kestabilan harga bahan pokok di Kabupaten/Kota. 


Pj Bupati menerangkan, dengan kebijakan pemerintah pusat tersebut, sehingga diintruksikan kepada seluruh kabupaten kota untuk melaksanakan program kegiatan yang memberikan dampak manfaat langsung kepada masyarakat, supaya bisa mengendalikan  inflasi di seluruh daerah. 

“Sehingga dalam rangka pengendalian inflasi kami Pemerintah Kabupaten Mappi melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM di TA. 2023 melaksanakan kegiatan operasi pasar murah," ungkapnya.


Pj Bupati mengatakan, di TA.  2023 pemerintah daerah melalui program kegiatan dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM melaksanakan operasi pasar murah yang akan dilaksanakan sebanyak tiga kali yaitu; menjelang Paskah yang digelar hari ini, menjelang Lebaran Idul Fitri,  dan menjelang Natal 2023 

Disamping kegiatan Operasi Pasar Murah, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan juga melakukan rapat koordinasi dan pengawasan setiap saat dilapangan, dan melaporkan komoditi harga bahan pokok secara rutin kepada Kemendagri dan Pj. Bupati Mappi. 


"Saya memberikan apresiasi kepada  Kadis Perdagangan, Koperasi dan UMKM, atas kerja sama yang baik bersama jajaran pejabat dan staf di dinas. Dan harapannya semoga dengan penyediaan beberapa jenis komoditi bahan pokok ini dapat  bermanfaat, dan digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga menjelang perayaan hari raya Paskah Tahun 2023," tuturnya.


Dalam operasi pasar murah tersebut beberapa jenis komoditi kebutuhan bahan pokok disediakan dengan harga yang sangat murah  dijangkau oleh masyarakat.

Operasi pasar murah tersebut digelar selama dua hari yakni tanggal 3 sampai 4 April 2023. Dan jenis kebutuhan bahan pokok yang disediakan yakni diantaranya, Beras Rp 10.000 perkilogram, Minyak Goreng Rp 13.000 perliter, Tepung Terigu Rp 12.500 perkilogram, Gula Pasir Rp 12.500 perkilogram dan Mie Instan Rp 2.000 perbungkus. (***MPI)