Translate

Redaksi Tabuka News | 22 July 2023

Pj Bupati Mappi Buka Berbagai Lomba Dan Pertandingan Dalam Menyongsong HUT RI Ke 78

Pj Bupati Mappi Buka Berbagai Lomba Dan Pertandingan Dalam Menyongsong HUT RI Ke 78

Mappi, TabukaNews.com  - Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP,M.Si secara resmi membuka berbagai kegiatan perlombaan dan pertandingan dalam rangka menyonsong HUT RI ke 78 Tahun 2023 di Kabupaten Mappi.

Pembukaan kegiatan yang berlangsung di Mappi Sport Center (MSC) Kilometer 08 Distrik Obaa, Jumat (21/7/2023) dihadiri oleh Pj Bupati Mappi, Forkompimda, Jajaran Kepala OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan serta ratusan masyarakat di Kabupaten Mappi. Pembukaan kegiatan pertandingan dan perombaan diawali dengan pertandingan futsal yang secara simbolis menendang bola kearah gawang oleh Kapolres Mappi, AKBP Y. Kadang.

Ketua Panitia HUT RI ke 78 Kabupaten Mappi, Mauridsius Kabagaimu mengapresiasi langkah pemerintah daerah dengan menggelar berbagai perlombaan dan pertandingan di Kabupaten Mappi.

"Ini yang patut kita apresiasi dan syukuri dimana dalam menyonsong HUT RI ke 78 Tahun 2023, kita di Kabupaten Mappi  memeriahkan dengan menggelar berbagai pertandingan dan perlombaan,"ungkapnya.

Mauridsius menerangkan, sebanyak 16 pertandingan dan perlombaan akan digelar mulai tanggal 21 Juli sampai tanggal 13 Agustus nanti. Dengan adanya berbagai pertandingan dan perlombaan tentu suasana dalam menyonsong HUT  Kemerdakaan RI ke 78 begitu dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Mappi.

Mauridsius menuturkan, ada 16 mata lomba yang akan di pertandingkan dan dilombakan yakni diantaranya, pertandingan bola voli, pertandingan futsal, pertandingan bulu tangkis, lomba tarian Yospan, gerak jalan Indah, lomba kasti, lomba ukiran ciri khas Mappi, lomba panahan tradisonal, lomba lari 5 KM putri dan 10 KM putra, lomba E- Sport, lomba pidato kenegaraan, baca teks Pancasila, lomba cipta menu sagu untuk mama- mama Papua, lomba goyang cha-cha, lomba sepak takraw dan lomba panjat pinang.

"Saya berharap segala rangkaian kegiatan mulai hari ini sampai pelaksanaan perayaan HUT RI pada tanggal 17 Agustus mendatang semua dapat berjalan dengan aman dan lancar,"ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Pj Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP,M.Si dalam sambutannnya menyampaikan

segala jenis pertandingan dan perlombaan dalam menyonsong HUT RI ke 78 Tahun 2023 di kabupaten Mappi secara resmi dibuka mulai hari ini.

Dikatakan Pj Bupati bahwasannya segala rangkain kegiatan dalam rnagka menyambut HUT RI ke 78 harus dimaknai dengan semangat kebersamaan dan yang terpenting bisa memupuk persatuan, rasa kekeluargaan dan memperkokoh rasa cinta tanah air.

Pj Bupati menyebutkan, olahraga merupakan salah satu indikator persatuan dan kesatuan banggsa.

Sehingga pertandingan dan perlombaan yang digelar ini dapat menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Mappi.

"Saya berharap konstribusi kerjasama dukungan kita semua, pimpinan OPD, Pimpinan BUMN/BUMN, tokoh maayarakat, tokoh, agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, organisasi kemasyarakatan dapat mendukung dan menyukseskan kegiatan ini,"ucapnya.

Pj Bupati menekankan, kepada peserta yang ikut bertanding agar tetap menjaga sportifitas, menjaga rasa kebersamaan, kekeluargaan serta rasa persaudaraan.

Pj Bupati menegaskan, bahwasannya perlombaan dan pertandingan tidak hanya di ibu kota Kabupaten saja. Melainkan harus dilaksanakan juga di Distrik -Distrik.

Di 14 Distrik yang ada wajib menyelenggarakan lomba dalam menyonsong HUT RI ke 78, diharapkan agar semua kepala Distrik wajib memperhatikan hal ini.

"Saya harap para kepala Distrik dapat melaksanakan berbagai kegiatan lomba walaupun skalanya kecil. Tetapi bisa memberi ruang atau wadah bagi masyarakat untuk memeriahkan HUT RI ke 78 Tahun 2023," tegasnya.

Pj Bupati menyebutkan, untuk memeriahkan HUT RI ke 78 di Kabupaten Mappi tidak hanya dengan menggelar 16 perlombaan dan pertandingan saja.

Namun sejumlah kegiatan lainnya akan dilaksanakan yakni diantaranya, rekor muri pembentangan kain merah putih diatas rawa sepanjang 5000 meter, kegiatan Mappi Explore tour, kegiatan karnaval, kegiatan Collour Run, kegiatan pasar malam dan panggung hiburan. Kegiatan rekor pembentangan bendera sepanjang 5000 meter merupakan dukungan kegiatan nasional dalam rangka gerakkan nasional pembagian 10 juta bendera merah putih.

"Mari kita bersama - sama menyukseskan segala rangkaian kegiatan, dan semarakan HUT RI ke 78 kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Mappi dengan mengedepankan rasa persatuan, persaudaraan dan rasa cinta tanah air,"pungkasnya.(**)