Redaksi Tabuka News | 11 April 2023

Pesan Paskah Oikumene 2023, Plt. Bupati JR : Hidup Optimis Sebab Yesus Ada dalam Kehidupan Kita

Pesan Paskah Oikumene 2023, Plt. Bupati JR : Hidup Optimis Sebab Yesus Ada dalam Kehidupan Kita


Timika, Tabukanews.com – Persekutuan Gereja-gereja Mimika (PGGM) menggelar Ibadah Paskah Oikumene 2023, di Grha Eme Neme Yauware, Timika Indah, pada Senin (10/04/2023). Ibadah itu diikuti ribuan umat dari berbagai denominasi gereja yang ada di Kabupaten Mimika.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob (JR), mengajak umat Kristiani menghayati karya penebusan Kristus. “Bagaimana pengorbanan Kristus bagi kita, memancarkan kasih yang menampakkan pribadi seorang Kristiani,” ujarnya.

Lagi katanya, ia juga mengingatkan tahun depan sudah masuk tahun politik, yaitu Pemilu Serentak 2024, di mana pemilihan presiden, kepala daerah dan anggota legislatif digelar di tahun yang sama. Untuk suksesi agenda nasional itu, JR mengajak umat Kristiani di Kabupaten Mimika menjaga Kamtibmas.

“Di Kabupaten Mimika kita memiliki tantangan persoalan seperti kasus malaria yang berkontribusi 30 persen di Indonesia. Ini tantangan berat, bagaimana tingkat kemiskinan di Kabupaten Mimika di tengah APBD yang luar biasa besar, tapi kita masih hidup di bawah standar kehidupan.

“Data terakhir jumlah penduduk Kabupaten Mimika sebesar 312.000 jiwa, berapa persen yang sudah hidup layak? Kemudian bagaimana pendidikan kita di gunung dan pantai, bagaimana masalah kesehatan, tapi kita tidak perlu takut sebab Yesus selalu mendahului kita dalam semua keberhasilan,” katanya.

Sebagai Pemerintah Kabupaten Mimika, Plt. Bupati JR menyampaikan 4 poin pesan Paskah. “Pertama, ketika kita harus hidup dalam suatu tantangan persoalan besar, kita harus optimis bahwa Yesus Tuhan ada dalam kehidupan kita. Maka kita harus optimis dalam kehidupan kita,” sebutnya.

“Kedua, kita senantiasa menjaga kebersamaan, menjaga kerukunan di mana kita hidup dalam keberagaman, kita harus hidup menjaga persatuan, kita harus menjaga toleransi. Sebagaimana mimpi saya untuk menjadikan Kabupaten Mimika sebagai kota toleransi,”

“Ketiga, tahun depan tahun politik kita harus mempersiapkan diri kita, kita jaga keamanan ketertiban, kita jangan memprovokasi karena kepentingan kita. Kita jaga keamanan dan ketertiban di masyarakat,”

“Yang terakhir, kita harus menjadi pionir untuk menjaga lingkungan, menjaga kebersihan, karena lingkungan yang kotor akan menimbulkan hal yang tidak baik. Saya mengajak umat Kristiani di Kabupaten Mimika untuk menjaga kebersihan dan menghayati kebangkitan Kristus dengan sukacita,” tutup pesannya.

Sementara itu, Kepala Kantor Agama Kabupaten Mimika Lucas Yasi, S.AG, dalam sambutannya mengatakan, pemerintah pusat melalui kementerian agama menetapkan tahun 2023 ini sebagai tahun kerukunan. “Oleh sebab itu kita sebagai umat Kristiani diajak bersatu bergandengan tangan dalam kesehatian guna membangun Kabupaten Mimika,” ungkapnya.

Lucas juga mengajak umat Kristiani untuk bersama-sama bergandengan tangan, mendukung program Plt. Bupati Mimika yang berjuang membangun Mimika.

“Mari kita dukung Plt. Bupati atas semua program-program yang dilakukan selama ini. Kita bersama bergandengan tangan mendukung program yang dijalankan pemerintah untuk membangun Mimika yang cerdas, aman, damai dan sejahtera, demi kesejahteraan masyarakat Mimika ke depan” tandasnya.(dzy)