Translate

Redaksi Tabuka News | 26 June 2023

Pemkab Mimika Ikut Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional

Pemkab Mimika Ikut Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional

Timika, TabukaNews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, turut ambil bagian dalam pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak pada 342 titik di 301 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang diluncurkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas), Senin (26/6/2023).

Gerakan Pangan Murah ini juga dilakukan sekaligus sebagai wujud pengendalian harga pangan menjelang hari besar keagamaan khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha 2023. 

Plh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Mimika, Petrus Lewa Koten, S.H., M.Si., didampingi oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah, saat membuka secara resmi Gerakan Pasar Murah dalam sambutannya mengatakan hal ini menjadi berkat dari Tuhan melalui pemerintah khususnya untuk dinas terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Pertanian.

"Mewakili Pemerintah Daerah, pada hari ini secara nasional tengah dilaksanakannya Gerakan Pangan Murah secara nasional, kita melihat mengapa Presiden terus memberi perhatian untuk pangan, jika pangan makan dan minum tidak betul untuk masyarakatnya, maka pasti rakyat akan marah,"kata Petrus dikutip dari diskominfo.mimikakab.go.id

Lanjutnya, program ini akan terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah sebagai tanda bahwa pemerintah akan terus hadir di tengah-tengah masyarakat, jika ada yang kekurangan pangan atau keterbatasan pangan, maka disitulah ada intervensi kepada Pemda, khususnya dinas terkait. 

Ia menambahkan, tujuannya dari kegiatan ini untuk membantu masyarakat menstabilkan pangan dan harga, banyak dilihat harga pangan naik tinggi, maka dilakukan intervensi dengan cara gerakan pangan murah atau gerakan pasar murah. 

“Pesan saya, ketika membeli disini untuk dikonsumsi pribadi, tidak boleh dijual kembali dengan harga yang tinggi untuk ambil untung,” tutupnya. (Celo)