Translate

Redaksi Tabuka News | 28 August 2023

Pemkab Mimika Gelar Turnamen Basket se-Provinsi Papua

Pemkab Mimika Gelar Turnamen Basket se-Provinsi Papua



Timika, TabukaNews.com - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) menggelar Turnamen Bola Basket dengan Kelompok Umur 20 tahun (Basketball KU- 20) se Provinsi Papua Tengah di Gor Futsal jalan poros SP 2 – SP 5 pada Senin (28/8).

Turnamen tersebut dibuka Yakob Toisuta, Kepala Disparbudpora dan dihadiri Cesar Avianto Tunya, Sekretaris Koni Provinsi Papua Tengah serta undangan lainnya.

Harry Tabah Thenggo Wijaya, selaku ketua panitia kegiatan mengatakan, turnamen basket merupakan salah satu turnamen yang diadakan Pemkab Mimika dengan tujuan untuk mencari atlet-atlet muda yang berprestasi dan berpotensi menjadi atlet profesional.

“Turnamen ini diikuti oleh 10 tim Basket se Provinsi Papua Tengah. Kami mengharapkan agar semua tim yang berpartisipasi dan panitia untuk menjunjung tinggi sportivitas saat pertandingan,” jelasnya.

Sementara itu, Yakob Toisuta, Kepala Disparbudpora Mimika mengatakan, Pemkab Mimika terus berupaya memberikan pelayanan pada bidang keolahragaan, salah satunya dengan memfasilitasi sarana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Mimika akan kegiatan olahraga, yang diharapkan dapat berguna untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehat jasmani dan rohani.

“Saya atas nama pemerintah daerah menyambut dengan baik turnamen bola basket yang diselenggarakan oleh Perbasi. Ini merupakan wadah untuk menggali dan mengembangkan kembali olahraga yang berpotensi untuk mengangkat citra suatu daerah, khususnya Kabupaten Mimika di mata Nasional dan Internasional, ” katanya.

Ia juga menjelaskan, turnamen seperti ini merupakan salah satu bentuk pembinaan lanjutan terhadap pembinaan olahraga yang telah dilakukan di klub-klub olahraga pada berbagai tingkatan, dan bentuk pembinaan ini diharapkan akan membuahkan prestasi yang mengharumkan nama daerah hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Lanjutnya, melalui turnamen bola basket kali ini akan lahir atlet-atlet berpotensi yang selanjutnya dibina dalam mempersiapkan diri menghadapi even yang berkelas dan menjadi cikal bakal atlet basket Provinsi Papua Tengah untuk even-even basket berkelas nantinya.

“Saya juga mengharapkan kepada para atlet untuk bertanding secara maksimal dan yang terpenting tetap junjung sportivitas dalam bertanding. Untuk para wasit, kirannya dapat memimpin pertandingan dengan baik sehingga pertandingan ini berjalan dengan lancar serta hasilnya dapat diterima oleh semua pihak,” ungkapnya.(Manu)