Translate

Redaksi Tabuka News | 09 March 2023

Pemkab Mappi Punya Program Beasiswa Pelajar ke Luar Negeri, Ini Ragam Tanggapan Positif Warga

Pemkab Mappi Punya Program Beasiswa Pelajar ke Luar Negeri, Ini Ragam Tanggapan Positif Warga

 

Mappi, Tabukanews.com – Salah satu lagi inovasi gebrakan yang dibawa oleh Michael Gomar (MG), sebagai Pj. Bupati Mappi, Provinsi Papua Selatan.

Kali ini Pemkab Mappi mengeluarkan kebijakannya berupa program pengembangan SDM Orang Asli Papua (OAP) di Mappi, dengan memberikan bantuan pendidikan beasiswa kepada anak-anak asli Mappi untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Diawali dengan adanya Surat Seleksi Beasiswa Luar Negeri, Nomor 400.3/353/BUP/III/2023 yang ditandatangani langsung oleh Penjabat Bupati Mappi, Michael Gomar, tertanggal 3 Maret 2023.

Program ini telah ditetapkan dalam APBD T.A 2023  dengan sumber Dana Otonomi Khusus (Otsus) melalui kebijakan program prioritas Pemerintah Kabupaten Mappi, akan menyediakan beasiswa bagi putra - putri Orang Asli Mappi untuk kuliah jenjang pendidikan Strata Satu (S1) pada Institute of Pacific United New Zeland di Selandia Baru.

Proses seleksi akan berlangsung, Sabtu, 11 Maret 2023, bertempat di SMK Negeri 1 Oba’a, Kota Kepi yang dimulai pukul 09.00 - 12.00 WIT.

Semua proses tidak dipungut biaya, dalam hal ini akamodasi dan transportasi jelang seleksi ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Mappi dan bagi siswa - siswi yang direkomendasikan bersama para pendamping sudah harus berada di Kepi pada tanggal 9 Maret 2023.

Kebijakan Pj Bupati Mappi disambut baik oleh masyarakat Mappi beragam tanggapan pun disampaikan oleh, tokoh adat, kepala sekolah hingga para pelajar yang hendak ikut seleksi.

Tokoh adat yang juga kepala Suku Auyu Kabupaten Mappi, Bobby Wirio, mengatakan, pihaknya sangat mendukung program ini.

“Saya sebagai tokoh di Kabupaten Mappi dan baru dilantik sebagai kepala suku Auyu. Hal ini sangat kami rindukan selama ini. Kapan kami bisa berubah seperti daerah lain, kapan kami berubah seperti orang yang sudah maju, karena kami mau maju?” ujarnya.

Lagi katanya, kalau program pemerintah sudah atur seperti ini, pihaknya tidak keberatan. “kami sangat mendukung! Kami suka agar kami punya anak –anak bisa sekolah keluar negeri. Biar ke depan kami bisa maju seperti orang lain di luar sana. Intinya kami senang dan kami mendukung program ini,” ungkapnya.

Tambah Bobby, telah sekian lama pihaknya merindukan hal seperti ini. “Apalagi kami sebagai tokoh, saya selalu mendengar rencana apa yang pemerintah buat untuk membangun Papua khususnya kabupaten Mappi. Agar Kabupaten Mappi bisa seperti daerah lain. Karena kalau sudah maju maka tidak ada hal –hal lain, tidak ada pikiran lain yang mengganggu masyarakat,” sebutnya.

“Kami terus mendorong dan mengajak masyarakat untuk mendukung program ini. Itu dari hati dan pikiran saya,” tegasnya.

Tak lupa ia mengapresiasi kerja-kerja Pj Bupati MG, dalam mengupayakan pembangunan di Mappi lewat program OPD yang menyentuh kebutuhan hidup warga Mappi.

“Ada banyak hal yang saya mau sampaikan, bahwa selama ini beliau (Pj. Bupati) pelayanannya sudah top! Saya mau sampaikan bahwa Bapak pelayanan di masyarakat sudah bagus, sehingga kami secara khusus orang Suku Auyu, mendukung langkah beliau, karena pengalaman bupati tiga periode selama ini pelayanan kurang baik,” ungkapnya.

Di kesempatan yang berbeda, Kepala Sekolah SMA Negeri I Oba’a, Maksimus Yamba, mengatakan, program ini sangat luar biasa dan merupakan pertama kalinya dilakukan dengan membawa anak –anak Mappi untuk sekolah di luar negeri.

“Tahun ini kita rasa bersyukur, bahwa kita punya anak –anak untuk dilakukan seleksi untuk mendapat beasiswa kuliah ke luar negeri. Kita rasa bersyukur sekali, kita mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bapak Pj Bupati, karena baru kali ini kita bawa kita punya anak –anak ini untuk sekolah di luar negeri, itu memang luar biasa. Kita punya harapan anak –anak yang dikirim keluar Negeri ini, mereka bisa kembali untuk membangun Kabupaten Mappi ini,” harapnya.

Menurutnya, saat ini sudah ada tiga orang siswa dari SMA Negeri 1 Oba’a yang sudah disiapkan untuk mengikuti seleksi tersebut.

Ia juga sudah meminta guru Bahasa Inggris untuk terus memberikan perhatian kepada tiga peserta yang akan mengikuti seleksi ini. “Ketiga siswa yang kita siapkan ini memang sangat aktif sekali saat kegiatan KBM di sekolah. Dan prestasinya sangat bagus! Itu yang kita pilih untuk ikut seleksi,” bebernya.

“Saya sangat setuju dengan kebijakan Bapak Pj Bupati. Beliau punya trik –trik dan beliau orang berpengalaman. Saya lihat selama Bupati defenitif sebelumnya, belum ada program seperti ini yang sampai ke luar negeri. Malah yang kita rasakan orang dari luar yang banyak masuk ke Kabupaten Mappi,” tuturnya.

Tak lupa Yamba mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemkab Mappi di bawah kepemimpinan MG, yang telah mulai terasa nyata program pemerintah hadir untuk kebutuhan rakyatnya.

“ Jadi kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak Penjabat Bupati yang sudah membantu kami khususnya anak –anak Papua yang ada di Kabupaten Mappi. Dengan begitu kita sama seperti saudara –saudara kita yang ada di utara sana untuk mendapatkan sekolah ke luar negeri. Selama ini memang kita ketinggalan jauh,” ungkapnya. 

“Memang sangat luar biasa! Karena selama ini saya belum pernah ketemu beliau juga, selama ini saya hanya lihat di media – media, di berita –berita,” tambahnya.

Kendati belum pernah bertemu langsung dengan MG, namun Kepala Sekolah SMA Negeri I Oba’a, Maksimus Yamba, telah mendengar gaung program keberpihakan pada rakyat, yang dilakukan Pemkab di bawah MG.

“Memang saya belum ketemu langsung dengan beliau, saya rindu sekali untuk ketemu karena ada hal –hal penting yang mau saya sampaikan. Bukan rahasia tetapi bagaimana membangun pendidikan di Kabupaten Mappi. Beliau  ini bagus, saya sering dengar dari masyarakat, beliau orang hebat apalagi beliau orang pemerintahan pasti beliau banyak tahu,” ucapnya.

Sementara itu, siswa SMA Negeri I Oba’a, Jeini Will Janry Tiginimu, menyampaikan ucapan terima kasih atas adanya program seleksi beasiswa ke luar negeri tersebut.

“Saya siswa kelas 12 Jurusan IPA, saya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mappi melalui Bagian Kesra karena sudah menyiapkan jalur bagi kami putra daerah berkesempatan untuk mengikuti kuliah di luar negeri,” ungkapnya.

Jeini juga mengungkapkan apresiasi atas program yang dinilainya sangat baik oleh Pemkab Mappi. Terkait dengan persiapannya, ia mengatakan dirinya akan belajar segiat mungkin untuk mengikuti proses seleksi ini. “Bapak Pj Bupati, terima kasih atas kesempatan bagi kami anak –anak Mappi,” ucapnya.(dzy)