Translate

Redaksi Tabuka News | 15 April 2023

Pemkab Mappi Gelar Paskah Bersama TNI, Polri dan Masyarakat

Pemkab Mappi Gelar Paskah Bersama TNI, Polri dan Masyarakat

MAPPI, TabukaNews.com - Dalam rangka merayakan kebangkitan Yesus Kristus, Pemerintah Kabupaten Mappi menggelar Ibadah Paskah bersama TNI, Polri dan masyarakat. Ini merupakan perayaan Paskah bersama pertama kali digelar di Mappi. Paskah yang digelar Sabtu (15/4/2023)  tersebut mengusung tema" Bangkit dan Bersaksilah" sert Sub Tema " Mewujudkan Masyarakat Mappi yang Semakin Peduli Terhadap Kelestarian Lingkungan dan Semakin Mengasihi Sesama".

Paskah yang dipimpin oleh para Pastor dan Pendeta dari berbagai denominasi gereja itu dihadiri ribuan masyarakat. Momen ini memberi semangat baru dalam membangun Kabupaten Mappi ke arah yang lebih baik. 

Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP.,MSi dalam sambutannya mengatakan, sukacita pesta Paskah yang dirayakan dan dilaksanakan tahun ini, merupakan satu refleksi yang tentunya menjadi harapan bersama dalam pergumulan hidup. 

"Keberagaman dan perbedaan itulah kekuatan kita. Untuk menyatukan perbedaan-perbedaan itu kita membutuhkan kerjasama, kolaborasi yang baik, komunikasi yang baik sehingga semua bisa berjalan dengan baik. Kita bangkit dalam kebersamaan kita dalam perbedaan kita untuk saling menghargai, saling melayani dan saling memaafkan atas tindakan sikap, tutur kata yang mungkin selama ini melukai hati dan perasaan masyarakat di Kabupaten Mappi," ujar Pj Bupati. 

Kebangkitan Yesus dikatakan Pj Bupati, membuktikan kepada semua umat sebagai anak-anak Kristus untuk terus melakukan pelayanan yang terbaik kepada sesama dan kepada Tuhan. 

Pada momentum Paskah ini, Pj Bupati Mappi mengajak seluruh masyarakat untuk saling mengasihi, saling menghargai dan membantu satu dengan yang lain. "Hubungan kita dengan Tuhan, hubungan kita dengan sesama itulah yang harus kita wujud nyatakan dan aplikasikan dalam kehidupan kita," katanya. 


Memaknai tema Paskah tahun ini yaitu 'Bangkitlah dan Bersaksilah', Pj Bupati berharap seluruh umat agar bangkit dan bersaksi dalam bentuk pelayanan kepada sesama lewat berbagai tugas dan tanggungjawab yang dijalani. Baik itu sebagai kepala keluarga, aparatur pemerintahan, serta dalam pelayanan di gereja. 

Pj Bupati mengapresiasi panitia Paskah yang telah mempersiapkan dan melaksanakan rangkaian kegiatan Paskah tahun ini. Juga Orang Muda Katolik yang turut mendukung. "Beberapa waktu yang lalu saya sudah sampaikan kepada para orang muda Katolik bahwa Tuhan memakai kita tidak memandang usiamu, sukumu dan agamamu. Tetapi ketika Tuhan memakai kita untuk melayani Tuhan dan melayani umat," tandasnya. 


Pada kesempatan itu, Pj Bupati menyampaikan arahan dari Mendagri yang menyatakan dukungan kepada  Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB). Keterlibatan tokoh agama dan tokoh adat sangat efektif dalam melakukan penanganan pencegahan konflik di daerah dan bisa melaksanakan pembangunan dengan baik. Sehingga kolaborasi antara pemerintah baik itu Pemkab maupun TNI dan Polri serta tokoh agama dan tokoh adat akan menjadi kekuatan dalam memajukan Kabupaten Mappi.  

Setelah perayaan Paskah, Pemkab Mappi akan menyelenggarakan Halal Bihalal bersama setelah Idul Fitri. Menutup sambutannya, Pj Bupati berpesan agar masyarakat harus bisa mengendalikan diri dan emosi dengan cara meningkatkan iman dab kepercayaan kepada Tuhan. (***MPI)