Translate

Redaksi Tabuka News | 26 July 2023

Pemkab Mappi dan Unicef Gelar Workshop Lintas Sektor

Pemkab Mappi dan Unicef Gelar Workshop Lintas Sektor

MAPPI, TABUKANEWS.COM - Unicef menggelar workshop Lintas Sektor bersama Pemerintah Kabupaten Mappi, dalam rangka penanganan Malaria. Kegiatan lintas sektor yang berlangsung di aula kantor dinas Pendidikan Kabupaten Mappi, Selasa (25/7/2023) dibuka oleh, Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi, Ferdinandus Kainakaimu.

Sekda Ferdinandus dalam sambutannya mengatakan permasalahan malaria permasalahan malaria di papua sudah bukan barang baru lagi, bahkan papua sangat identik dengan malaria,hal ini sejalan dengan data yang di miliki oleh unicef dan dinas Kesehatan Kabupaten Mappi yang menggambarkan tentang jumlah kasus dan kematian yang diakibatkan oleh serangan nyamuk anopheles betina terhadap penduduk di papua pada umumnya dan di kabupaten mappi pada khususnya. 

Dikatakan Sekda bahwa pemerintah juga sudah mengambil langkah-langkah pengendalian malaria yang tertuang dalam keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor 293/Menkes/SK/IV/2009 tentang eliminasi malaria.

Sekda menyebutkan, merespon peningkatan kasus malaria, pemerintah daerah mengapresiasi kinerja dinas kesehatan Kabupaten Mappi yang telah melakukan penjaringan kasus aktif melalui rumah sakit dan seluruh puskesmas se-kabupaten Mappi 

Lanjut Sekda hal ini agar penanganan kasus malaria bisa teratasi dengan cepat dan tepat sehingga dapat mencegah terjadinya kematian akibat malaria.

“Perlu kita pahami bersama bahwa permasalahan penyakit malaria bukanlah menjadi masalah dinas kesehatan saja,tetapi melihat cara perkembangbiakan nyamuk anopheles betina ini yang merupakan vektor dari malaria,maka sangat dibutuhkan peran lintas sektor. Hal-hal yang berhubungan dengan pembasmian sarang nyamuk,pembersihan lingkungan,dan gaya hidup masyarakat dengan geografis seperti yang kita miliki maka harusnya kita menyadari bahwa peran serta dari semua pihak sangat menentukan terwujudnya eliminasi malaria di tanah Mappi,” ungkapnya.


Sekda menekankan, kerjasama yang telah terbangun selama ini antara dinas kesehatan Kabupaten Mappi dan tim Unicef merupakan langkah strategis pemerintah untuk mewujudkan percepatan eliminasi malaria ditanah Mappi. (***MPI)