Translate

Redaksi Tabuka News | 12 January 2022

Peduli Bencana Banjir Rob di Amar, IKT Mimika Galang Bantuan

Peduli Bencana Banjir Rob di Amar, IKT Mimika Galang Bantuan

TabukaNews.com


Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir Rob yang melanda tiga kampung di Distrik Amar beberapa waktu lalu, Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Kabupaten Mimika menggalang bantuan secara internal di kalangan warga Toraja.

Ketua IKT Kabupaten Mimika Yusuf Rombe melalui sambungan telefonnya, Rabu (12/1) mengatakan, bahwa selaku perantau Toraja yang ada di Kabupaten Mimika, sudah seharusnya sigap membantu ketika terjadi bencana.
Setelah melalui kesepakatan antara pengurus, pihaknya langsung bekerja mengumpulkan donasi di kalangan warga IKT

"Kita sudah komunikasikan kepada masing-masing ketua persekutuan untuk menginfokan kepada masing-masing warganya agar bisa ikut berpartisipasi menyumbang," tuturnya.

Dijelaskan pula, bahwa posko bantuan warga IKT dipusatkan di gedung sekretariat Persekutuan Pemuda Toraja Mimika (PPTM) yang berada di samping gedung Tongkonan, Jalan Sam Ratulangi.

"Posko bantuan kita buka selama tiga hari, mulai dari tanggal 10 sampai tanggal 13 Januari. Puji Tuhan, antusias warga IKT sangat tinggi untuk menyumbang. Saya juga berikan apresiasi kepada seluruh warga dan pengurus IKT yang telah menyumbang. Meskipun ini spontanitas tanpa bentuk kepanitiaan, namun sumbangan sudah cukup," tuturnya.

Adapun sumbangan yang diserahkan oleh warga IKT terdiri dari sembako, pakaian layak pakai, serta uang tunai yang ditransfer langsung ke rekening IKT Mimika.

"Pengumpulan donasi hari ini kita tutup, karena hari Sabtu pagi kita akan berangkat ke lokasi bencana untuk serahkan langsung. Dan untuk uang yang ditransfer, akan dibelanjakan untuk kebutuhan lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Sosial dan Seni Budaya IKT Mimika Rerung Rombe menjelaskan, bahwa pihaknya bersama pemuda Toraja Mimika standby di Gedung Sekretariat PPTM untuk menerima donasi yang diserahkan oleh warga IKT.

"Jadi kita disini sudah tiga hari standby untuk menerima setiap sumbangan yang masuk. Pakaian layak pakai yang masuk kita sudah bungkus semua, tinggal kita berangkat dan serahkan ke warga Amar dan Atuka," imbuhnya. (Evan)