Translate

Redaksi Tabuka News | 21 February 2023

Operasi Keselamatan Cartenz 2023 Jaring 496 Pelanggar Lalu Lintas

Operasi Keselamatan Cartenz 2023  Jaring 496 Pelanggar Lalu Lintas

 

Timika, Tabukanews.com – Operasi Keselamatan Cartenz 2023 yang dilaksanakan Kepolisian Resort Mimika, mulai Selasa (07/02/2023) hingga Senin (20/02/2023), telah menjaring sebanyak 496 pelanggar lalu lintas. Operasi itu telah resmi berakhir dengan harapan warga semakin sadar dan patuh lalu lintas demi keselamatan sendiri dan orang lain.

"Sudah berakhir, kami berhasil menjaring pelanggar sebanyak 496 unit kendaraan. Terdiri dari motor ada 422 unit, roda empat 69 unit dan roda enam  lima unit," kata Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Darwis, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (21/02/2023).

Lagi katanya, untuk pengendara roda dua, dari 422 unit pelanggar, tertilang sebanyak 267 unit, diberikan teguran 27 unit, dan masih menunggu pemilik untuk mengambil kendaraannya sebanyak 125 unit.

"Menunggu ini masih ada dua kemungkinan, pemiliknya tidak datang ataukah kendaraan tersebut tidak ada surat-suratnya ataupun mungkin hasil curian. Kita masih menunggu pemiliknya datang mengklarifikasi kendaraannya," ungkap Darwis.

Sementara, untuk pengendara roda empat, dari 69 unit pelanggar yang  tertilang 25 unit, teguran 12 unit, dan masih menunggu pemiliknya sebanyak 29 unit kendaraan. "ini juga belum jelas apakah ada suratnya atau tidak," sebutnya.

Sementara untuk pengendara roda enam, lima pelanggar, tertilang dua unit dan masih menunggu pemiliknya tiga unit.

"Dari hasil penilangan ini berbagai macam pelanggaran ada yang tidak menggunakan helm, tidak memiliki surat ijin mengemudi, TNKB Palsu maupun TNKB yang dirubah dari plat merah ke hitam yang kebanyakan dipakai oleh ASN dan juga berapa unit kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot racing," bebernya.

Lanjut Darwis, operasi keselamatan memang sudah berakhir tetapi untuk keselamatan berlalulintas dan pemeriksaan terhadap kendaraan tetap dilaksanakan oleh pihaknya, demi menjaga kelancaran dan keselamatan lalu lintas di Mimika.(dzy)