Translate

Redaksi Tabuka News | 08 February 2023

Operasi Keselamatan Cartenz 2023 Digelar 14 Hari, Hati-hati Langgar Aturan di Jalan

 Operasi Keselamatan Cartenz 2023 Digelar 14 Hari, Hati-hati Langgar Aturan di Jalan

Timika, Tabukanews.com - Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar Lantas maka Kepolisian Resor Mimika menggelar Operasi Keselamatan Cartenz 2023 di Wilayah Kabupaten Mimika selama 14 hari.  Operasi tersebut resmi digelar Selasa (07/02/2023) hingga Senin (20/02/2023) mendatang.

Upacara pembukaan operasi itu ditandai dengan digelarnya apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Cartenz 2023 Polres Mimika di Mako Polres Mimika Jalan Agimuga Mile 32, Senin (07/02/2023).

Wakil Kepala Kepolisian Resor Mimika, Kompol. Praja Gandha Wiratama, saat membacakan sambutan Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D .Fakhiri, menyebutkan bahwa dalam operasi tersebut wajib menindak secara tegas pelanggaran lalu lintas.

"Kita menyadari dalam mengatasi permasalah bidang lalu lintas yang begitu kompleks, tidak mudah dan tidak bisa pihak lalu lintas sendiri yang menangani. Namun perlu sinergitas dengan pihak yang lainnya. Masalah jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum, masalah rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan oleh Dinas Perhubungan," ujarnya

Adapun pelanggaran tersebut diantaranya, balap liar dengan kecepatan tinggi, pengendara di bawah pengaruh miras, berkendara melawan arus arah, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI dan helm penumpang, menggunakan telepon seluler saat berkendara dan pengendara di bawah umur.

Adapun tujuan operasi Keselamatan Cartenz 2023 adalah meningkatkannya disiplin  masyarakat dalam berlalulintas, menurunkan angka fatalitas korban laka dan pelanggaran lalulintas. Serta amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan adalah sebagai berikut, satu mewujudkan dan memelihara keamanan, patuh dan kelancaran serta ketertiban berlalulintas (Kamseltibcarlantas),

Dua, meningkatkan keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas. Tiga, membangun budaya tertib berlalulintas. Dan empat, meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

"Ke-empat poin di atas merupakan hal yang kompleks dan perlu dukungan masyarakat sehingga Kamseltibcar berjalan sesuai dengan yang di harapkan," tandas Wakapolres Wiratama membacakan sambutan Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D .Fakhiri.(dzy)