Translate

Redaksi Tabuka News | 29 March 2023

MIMIKA BARU JADI DISTRIK PERTAMA GUNAKAN SIPD DALAM MUSRENBANG

MIMIKA BARU JADI DISTRIK PERTAMA GUNAKAN SIPD DALAM MUSRENBANG

Timika, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menjadi distrik pertama di Kabupaten Mimika yang menggunakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Distrik.  Hal disampaikan oleh Kepala Distrik Mimika Baru, Dedi D. Paokuma, S.E., M.Si di ruang kerjanya. 

"Dari kegiatan Musrenbang tingkat distrik tahun 2023, Distrik Mimika Baru menerima 972 usulan program dari kelurahan dan kampung," kata Dedi, dikutip dari diskominfo.mimikakab.go.id, Rabu(29/3/2023). 


Ia menambahkan, pada akhir bulan Februari, Distrik Mimika Baru juga telah melalukan musrenbang tingkat kelurahan yang diikuti oleh 11 kelurahan yang ada di Distrik Mimika Baru.

"Ini juga menjadi sebuah kegiatan yang baru dilakukan di tahun 2023, karena selama ini belum pernah ada musrembang kelurahan," tuturnya.

Lanjutnya, "Dalam hasil musrenbang kemarin yang dibahas adalah program yang akan dikerjakan di tahun 2024. Sedangkan apa yang kami kerjakan tahun ini, sudah dirancangkan dari tahun 2022 untuk direalisasikan tahun ini."


Dikatakan Dedi, dari 972 program yang diusulkan akan dibawa ke forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD), selain bidang pendidikan dan kesehatan, beberapa program yang paling menonjol adalah program sarana dan pra sarana, seperti jalan, jembatan, tailing serta drainase, juga perumahan dan rumah ibadah. 

"Untuk program yang sudah pasti ada di tahun 2024 yaitu pembuatan pos kamling untuk 11 kelurahan yang ada, serta pembagian motor tiga roda untuk mengangkut sampah di setiap kelurahan dan RT," sambungnya.

Kemudian ia menyebutkan, "Pembuatan inovasi baru yaitu aplikasi tapal batas digital dan monografi yang akan diluncurkan tahun depan dengan nama Amole, singkatan dari Aplikasi Monografi Lewat Elektronik."

Dedi menerangkan, sebelum aplikasi ini, Distrik Mimika Baru sudah mempunyai aplikasi dengan nama "Tanya Pak Distrik". Aplikasi tersebut dibuat dengan harapan makin mempermudah masyarakat dalam pengurusan surat-surat di Distrik Mimika Baru.

"Bahkan masyarakat juga bisa langsung berkonsultasi melalui aplikasi Tanya Pak Distrik, atau hanya sekedar tanya jawab, akan dilayani 1×24 jam," pungkasnya.

Selain itu, Pemerintah Distrik Mimika Baru memiliki program Giat Bersih setiap hari Jumat sejak bulan Februari 2023 yang diikuti pula oleh 11 kelurahan.(*)