Translate

Redaksi Tabuka News | 15 August 2023

Kapolri Salurkan Bantuan 20 Ton Beras Untuk Warga Terdampak Bencana di Kabupaten PuncaK

Kapolri Salurkan Bantuan  20 Ton Beras Untuk Warga Terdampak Bencana di Kabupaten PuncaK

Timika, TabukaNews.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo,memberikan bantuan 20 ton beras kepada  warga terdampak bencana di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi,Kabupaten Puncak,Provinsi Papua Tengah.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra, mewakili Kapolda Papua dan diterima langsung oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabuapten Puncak, Arisan Palaba,  di  Posko penanggulangan bencana  kekeringan ekstrim di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi , di pJalan Baru - Timika,Senin (14/2/2023).

"Mewakili bapak Kapolda menyerahkan bantuan dari Kapolri.Jumlah bantuan sebanyak 20 ton beras yang nantinya akan  didistribusikan ke Kabupaten Puncak terkususnya beberapa distrik yang  terdampak bencana kekeringan kemarin.Jadi kami sudah koordinasi dengan Pemda Puncak untuk sebagian daripada beras itu kita geser dari  gudang ke posko,kemudian sisanya tetap kita standbykan di Bulog Timika, yang nantinya menunggu jadwal penerbangan ke Kabupaten Puncak baru secara bertahap kita ambil dari Bulog Timika"kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan bantuan tersebut adalah bantuan yang kedua yang disalurkan oleh Kapolri kepada warga terdampak bencana  di Kabupaten Puncak karena sebelumnya Kapolri juga telah menyalurkan bantuan sosial berupa ribuan paket sembako dan pakian  kepada warga terdampak bencana yang juga sudah didistribusikan kepada warga terdampak bencana di Puncak.

" Ini merupakan bantuaan kedua dari bapak Kapolri.Penyalurannya nanti kita lolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Puncak  menujuh ke titik titik tedampak bencana kekeringan"kata Kapolres.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabuapten Puncak, Arisan Palaba, mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak, saat menerima penyerahan bantuan  secara simbolis di  Posko penanggulangan bencana  kekeringan Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi di Jalan Baru - Timika,menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Kapolri atas bantuan dan kepedulian yang besar dari Kapolri terhadap warga terdampak bencana kekering ekstrim di Kabupaten Puncak.

"Mewakili tim  dan pemerintah Kabupaten Puncak menyampaikan terima kasih kepada bapak Kapolri yang begitu peduli dengan  bencana kekeringan ekstrim yang ada di Kabupaten Puncak"kata  Arisan.

Arisan mengatakan bahwa bantuan ini adalah bantuan kedua dari Kapolri untuk warga terdampak bencana kekeringan.

"Ini adalah bantuan kedua dari bapak Kapolri, Bantuaa pertama dari bapak Kapolri itu kami sudah salurkan sekitar 3, 7 ton lebih sudah sampai di  masyarakat penerima manfaat  atau terdampak.Untuk penyaluran bantuan kedua  nanti kami akan berkordinasi dengan Polri "kata Arisan.

Arisan menyebutkan bahwa cuaca yang sering berubah menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh pihaknya dalam pendistribusian bantuan sampai ke lokasi bencana,namun seluruh bantuan sosial yang saat ini masih berada di posko  baik itu di Timika maupun di Sinak akan tetap didistrubusikan hingga tuntus ke wilayah Distrik Agandugume dan juga Distrik Lambewi dan sekitarnya.

"Sekali lagi kami menyampaikan terima kasih kepada kapolri yang sangat memberikan perhatian kepada   saudara saudara kami yang terdampak bencana kekeringan"kata Arisan.(Celo)