Translate

Redaksi Tabuka News | 09 July 2023

Kapolres Mimika Pimpin Upacara Sertijab Empat Pejabat Baru

Kapolres Mimika Pimpin Upacara Sertijab Empat Pejabat Baru

Timika, Tabukanews.com - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Mimika, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) I Gede Putra, memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) empat pejabat baru di lingkungan Kepolisian Resor Mimika. Upacara ini berlangsung di lapangan Mako Polres Mimika, Jalan Agimuga Mile 32, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah pada Sabtu (8/7/2023).

Sertijab tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri nomor KEP/310/VI/2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan jabatan di lingkup Polda Papua. Para pejabat baru yang mengikuti upacara Sertijab tersebut antara lain:

1. Kompol Hasmuliadi sebagai Kabag Ren Polres Mimika, menggantikan AKP Handoyo Prasetio yang dimutasi menjadi Wakapolres Boven Digoel.

2. AKP Julkifli Sinaga sebagai Kasat Reskrim Polres Mimika, menggantikan Iptu Muhammad Rizka yang dimutasikan ke Panit II Unit 1 Subdit 4 Direstkrimsus Polda Papua.

3. Ipda Jamiludin sebagai Kapolsek Mimika Barat, menggantikan Iptu Devrizal yang dimutasikan menjadi Kasubbag Bin Ops Bag Ops Polres Mimika.

4. Ipda Muhamad Yani sebagai Kapolsek Mimika Barat Jauh, menggantikan Iptu I Made Kumpul yang dimutasikan menjadi Wakapolsek Mimika Baru.

Dalam sambutannya, Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, menyatakan bahwa Sertijab dalam lingkungan Polri merupakan hal yang wajar. Ia menjelaskan bahwa Sertijab dilakukan untuk mencapai tujuan optimal organisasi Polri dan sebagai penyegaran organisasi. Sertijab juga memberikan kesempatan kepada seluruh anggota Polri untuk berkarya dan mengembangkan potensi diri melalui pengabdian dalam jabatan.

Kapolres Mimika mengucapkan terima kasih kepada pejabat yang lama yang telah menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Ia juga memberikan selamat kepada pejabat yang baru atas promosi jabatan mereka. Kapolres berharap bahwa dengan pengalaman yang dimiliki oleh para pejabat baru, mereka akan mampu mengatasi kendala dan keterbatasan dalam melaksanakan tugas di wilayah Polres Mimika.

"Semoga kepercayaan pimpinan Polri yang diberikan kepada saudara untuk melaksanakan tour of duty maupun tour of area dan saya yakin dengan pengalaman tugas yang pernah saudara miliki ditempat tugas yang lama, saya yakin dan percaya saudara akan mampu mengatasi kendala dan keterbatasan yang ada dalam pelaksanaan tugas di wilayah Polres Mimika," kata Kapolres.


Kapolres menekankan pentingnya pelayanan kepada masyarakat dengan kesabaran dan motivasi yang tinggi. Ia juga mengingatkan seluruh anggota Polri tentang tanggung jawab mereka sebagai amanah Tuhan yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, ikhlas, dan penuh rasa tanggung jawab. Kapolres mengingatkan untuk menjunjung tinggi kode etik Polri yang meliputi etika kepribadian, kelembagaan, kenegaraan, dan hubungan dengan masyarakat, sebagai manifestasi dari nilai-nilai Pancasila, Tribrata, dan Catur Prasetya.

Dengan berakhirnya upacara Sertijab ini, diharapkan pejabat baru dapat bekerja secara sinergis dan membangun kerjasama tim yang baik dengan anak buah. Jabatan dalam institusi hanya bersifat sementara, dan setiap tugas dan jabatan yang diemban merupakan amanah yang harus dijalankan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.