Translate

Redaksi Tabuka News | 30 April 2023

Kapolda Papua Siap Ambil Langkah Tegas Selain Negosiasi Terhadap KKB Wilayah Nduga

Kapolda Papua Siap Ambil Langkah Tegas Selain Negosiasi Terhadap KKB Wilayah Nduga

Timika, Tabukanews.com - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengeluarkan pernyataan yang tegas terkait dengan dukungan terhadap Egianus Kogoya, pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Menurut Mathius, pihak kepolisian akan melakukan tindakan hukum terhadap siapapun yang memberikan dukungan kepada Egianus, baik itu masyarakat maupun pejabat di dalam instansi pemerintah.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kapolda Papua saat ditemui wartawan di hotel yang berada di Jalan Cenderawasih, Mimika, Papua Tengah, pada hari Minggu, tanggal 30 April 2023. Mathius menegaskan bahwa aparat kepolisian akan mengambil langkah tegas selain dari melakukan negosiasi yang sedang berlangsung.

"Kami akan menyasar semua siapapun baik masyarakat maupun pejabat yang ada di dalam instansi pemerintah yang mendukung aktifitas Egianus, tentunya akan kita tegakan hukumnya," ujar Mathius.

Kapolda Papua juga menegaskan bahwa tindakan hukum yang dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz 2023 dan TNI adalah tanggung jawab kewilayahan Kapolda untuk dilakukan penegakan hukum. Ia juga menyatakan bahwa proses hukum akan dilakukan terhadap siapapun yang terlibat dalam mendukung Egianus dan kelompoknya.

"Tentunya saya menyasar kepada apa yang sudah ditangkap oleh Satgas Damai Cartenz, kita akan lakukan proses hukum, dan sudah disampaikan oleh beberapa pejabat terlibat yang selama ini membiayai mereka (Egianus dan TPNPB) ini akan kita tegakan hukumnya," tegas Mathius.

Menurut Kapolda, langkah-langkah tersebut diambil karena negosiasi yang dilakukan untuk pembebasan pilot sudah berlangsung selama dua hingga tiga bulan, dan pihak kepolisian harus segera mengambil tindakan untuk memastikan keamanan di wilayah tersebut.