Translate

Redaksi Tabuka News | 17 March 2023

HASILKAN 74 PROGRAM, NOVIAN KULLA SIAP KAWAL PROGRAM PRIORITAS PEMDIS IWAKA MASUK DALAM APBD 2024

HASILKAN 74 PROGRAM, NOVIAN KULLA SIAP KAWAL PROGRAM PRIORITAS PEMDIS IWAKA MASUK DALAM APBD 2024

Timika, Tabukanews.com – Anggota DPRD Kabupaten Mimika, Novian Kulla, turut hadir dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Distrik Iwaka Tahun 2023, Kamis (16/03/2023), di Ruang Rapat Pemerintah Distrik Iwaka.

Kegiatan itu menghasilkan 74 program yang terdiri atas 60 program fisik dan prasarana, 11 program ekonomi, dan 3 program Sosial Budaya. 


Legislator asal Dapil IV dari Partai Nasdem itu menyatakan komitmennya untuk mengawal setiap program yang merupakan hasil dari Musrenbang tingkat kelurahan dan kampung di Iwaka, sehingga menjadi prioritas masuk dalam program pemerintah di APBD tahun depan.

"Saya menyampaikan terima kasih pada Pemerintah Distrik Iwaka, yang sudah melibatkan Dewan dalam Musrenbang kali ini, dan baru kali ini kita dilibatkan dalam Musrenbang. Maka, setiap program prioritas yang diusulkan dari hasil musrenbang ini, nantinya siap kita kawal sampai pembahasan anggaran," ujar Novian yang juga duduk di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Mimika. 

Lagi katanya, pihaknya menjalankan trifungsi Dewan, yaitu legislasi, penganggaran dan pengawasan, termasuk dalam kegiatan Musrenbang tingkat Distrik yang sedang berjalan serentak di lingkup Pemkab Mimika.


Menurutnya, kapasitas kehadirannya itu sebagai bentuk tanggung jawab sosial pada konsituen yang telah memilih dan mengantar dirinya menjadi salah satu Anggota DPRD Mimika. 

"Ini wujud kecintaan kepada masyarkat karena sudah memberikan mandat dan amanah kepada saya untuk menyuarakan dan mengawasi aspirasi masyarakat," ungkap Novian Kulla.

Kegiatan Musrenbang, yang resmi dibuka oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Paulus Dumais. Dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang yang dilaksanakan setiap tahun mengandung arti bahwa pembangunan mulai dari tingkat provinsi hingga Kabupaten perlu diawali dengan perencanaan. 

Ia juga berpesan agar apa yang direncanakan bukan merupakan keinginan perorangan namun kebutuhan semua masyarakat. 


"Apapun pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat, provinsi kabupaten maupun distrik adalah satu tujuan yaitu masyarakat mengalami perubahan hidup sejahtera. Pembangunan harus mendatangkan perubahan yang lebih baik," katanya.

Lagi kata Paulus, dari semua program yang dihasilkan dalam Musrenbang tingkat Distrik, belum tentu bisa terjawab semua. Pemerintah pada dasarnya akan memperhatikan program yang benar - benar menjadi prioritas kebutuhan warga.

"Kalau misalnya diusulkan 20 program, mungkin hanya 15 yang dijawab. Yang sisanya akan dijalankan pada tahapan berikutnya, sehingga tidak menimbulkan perasaan kecewa," jelasnya.

Sementara itu Kepala Distrik Iwaka, Linus Dolame, mengimbau agar semua perwakilan kampung yang hadir bisa mengusulkan program yang sesuai dengan prioritas yang dibutuhkan oleh kampung bersangkutan. 


"Kabupaten Mimika ini banyak distrik. Jadi, lihat baik - baik mana yang memang prioritas, supaya distrik kita bisa dapat program sesuai yang diusulkan dan tepat sasaran," ujar Linus. 

Kadistrik berharap semua pihak agar terus kawal program yang  sudah diusulkan. "Kita semua siap kawal sampai Musrenbang tingkat Kabupaten. Kita sama - sama berjuang. Mungkin lima atau sepuluh kegiatan dijawab, itu sudah bersyukur," pungkasnya. 

Musrenbang Distrik Iwaka 16 Maret, dihadiri oleh Anggota DPRD Mimika dari Dapil IV, Novian Kulla, Tim dari Bappeda Mimika, Kepala Distrik Iwaka, Linus Dolame, para Kepala Kampung se-Distrik Iwaka, Bamuskam, perwakilan sekolah dan puskesmas, tokoh masyarakat, adat, perempuan dan pemuda. (Manu)