Translate

Redaksi Tabuka News | 27 January 2023

Hadiri Peringatan HUT ke III FKMN Mimika Plt Bupati Ajak Seluruh Masyarakat Bersatu Membangun Mimika

Hadiri Peringatan HUT ke III FKMN Mimika Plt Bupati Ajak Seluruh Masyarakat Bersatu Membangun Mimika

 

Timika,TabukaNews.com -  Forum Komunikasi Masyarakat Ning Vatnim (FKMN) Mimika merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- III,Kamis(26/1/2023) di Graha Eme Neme Yauware Timika.

Acara diawali dengan pemutaran video selayang pandang FKMN Timika, dilanjutkan dengan penyalaan lilin ulang tahun ke III FKMN oleh Plt Bupati Mimika, Johanes Rettob, dan dilanjutkan dengan Doa syukuran HUT ke III.

Adapun tema perayaan HUT FKMN Mimika adalah Am Vehe Mam Belan Ne Am Sor Mam Yat dengan sub tema “Dengan Semangat Ulang Tahun FKMN Ketiga Kita Perkokoh  dan Budaya Maren Sebagai Landasan Berpijak Merajut Kasih Persaudaraan Dalam Bingkai Eme Neme Yauware,”.

Plt Bupati Mimika, Johanes Rettob, dalam sambutannya pada acara tersebut menegaskan bahwa FKMN dibentuk untuk  bagaimana kita berkordinasi dan berkomunikasi untuk bersama sama menyatukan hati kita, pikiran kita, hati kita agar kita bisa mewujudkan pembangunan di kabupaten ini secara bersama sama.

"Semangat ini yang harus tetap kita pertahankan.Kita tinggal di Mimika dan kita tinggal di Papua kita harus menghargai daerah ini dengan baik secara khusus kita menghargai dua suku besar di kabupaten ini,"kata John Rettob.

Jhon Rettob yang juga merupakan pendiri FKMN mengatakan, Mimika sendiri sangat beranekaragam baik dari wilayah,agama , budaya, kultur,dan ras.

Dengan berbagai keragaman, dirinya mengajak agar masyarakat FKMN tetap bersatu dan bersama sama dengan seluruh masyarakat Mimika untuk menjadikan Mimika menjadi rumah kita bersama.

" Kita harus membuat Mimika menjadi rumah kita. Kalau Kita buat  Mimika menjadi rumah kita berarti kita harus jaga rumah ini degan baik.Kalau ada yang rusak kita perbaiki sama sama, kalau ada  yang bocor kita perbaiki sama sama,"kata John.

Dirinya mengajak kepada masyarakat FKMN khususnya masyarakat Kei agar tetap menjadi terang bagi masyarakat seperti yang dilakukan oleh para tetua Kei saat pertama kali datang ke Mimika.

"Kepada keluarga besar Kei, orang tua kita dulu datang bawa terang, bawa dengan Alkitab, mereka bawa dengan lilin untuk bagaimana menerangi kabupaten ini. Saya berharap peran ini kita gunakan pada saat sekarang.Kita teruskan keperintisan orang tua tua kita agar bagaimana bisa hadir disini meneruskan apa yang diharapkan sesuai dengan jaman ini, sesuai dengan tugas pokok dan  sesuai dengan profesi bapak ibu sekalian,"kata Plt Bupati.

Oleh karena itu, di momentum HUT ke III, FKMN Mimika semakin dewasa dan semakin mandiri.

Sementara itu Ketua FKMN Mimika, Marfey J Dangeubun, dalam sambutannya  mengatakan bahwa dalam

 kehidupan berorganisasi kita harus memiliki prinsip, setiap orang adalah bagian dari kita, sama penting , sama berarti, sama berguna bagi perkembangan sebuah organisasi.

"Jangan pernah ada sikap kita yang lebih penting dan lebih hebat dari orang lain,"kata Marfey 

Selaku Ketua FKMN dirinya menyampaikan  terima kasih kepada seluruh pihak terutama pemerintah daerah Kabupaten Mimika yang  senantiasa hadir memberikan arahan danpetunjuk serta  bimbingan sehingga organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Mimika ini tetap tumbuh dan berkembang dengan sebagaimana mestinya.

“ Selamat Ulang Tahun yang ke tiga forum komunikasi masyarakat . Bagi seluruh pengurus dan anggota FKMN Kabupaten Mimika tetap solid dan terus memberikan dukungan terbaik bagi pemerintah daerah Kabupaten Mimika dalam mensukseskan seluruh program pemerintah"kata Marfey.(dzy)