Translate

Redaksi Tabuka News | 21 March 2023

DPA DIBAGI, KETUA DPRD HARAPKAN OPD PEMKAB MIMIKA GENJOT PEMBANGUNAN

DPA DIBAGI, KETUA DPRD HARAPKAN OPD PEMKAB MIMIKA GENJOT PEMBANGUNAN


Timika, Tabukanews.com – Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Anthon Bukaleng, berharap pembangunan di Mimika bisa segera digenjot dan berjalan dengan baik, pasca dibagikannya Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) oleh Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob (JR), kepada setiap OPD di lingkup Pemkab Mimika pada Senin 20 Maret 2023 di Grand Tembaga Hotel, Jalan Yos Sudarso.

Bukaleng berharap, pemerintah dapat segera memacu pembangunan lantaran pembagian DPA yang diakui terlambat. Pembangunan berpacu dengan waktu tahun anggaran, sehingga proyek pembangunan bisa dikerjakan dengan baik dengah hasil yang berkualitas.

“Segera siapkan lelang, semua program harus jalan. Sekarang ini DPA sudah dibagi di dinas-dinas, kita lambat sedikit dalam pembangunan, terkendala pembagian DPA ini.  Tidak boleh ada yang menghalangi pembangunan di Mimika,” ujarnya kepada media, di kantor DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Senin (20/03/2023).

Menurutnya, warga Mimika sudah merindukan jalannya pembangunan dengan dibiayai APBD pemerintah bagi kepentingan masyarkat. “Saat DPA sudah dibagi, pembangungan lanjut berjalan, tidak boleh stop. Kepentingan daerah pembangunan daerah, kepentingan masyarakat tidak boleh stop-stop. Semua harus lancar berjalan,” tegasnya.

Sementara itu, situasi di Mimika masuk di Bulan Puasa Ramadhan dan Hari Raya Paskah, ia meminta warga saling menghargai dan menjaga toleransi antar umat beragama yang selama ini sudah terjalin harmonis di Kabupaten Mimika.

Ketua Dewan Bukaleng mengimbau pemerintah mengeluarkan surat instruksi pembatasan tempat hiburan malam dan distributor minuman keras beralkohol untuk membatasi jam operasional, sehingga menjamin lancarnya ibadah masing-masing agama.

“Imbauan masuk di bulan puasa dan hari raya Paskah, itu harus jalan dengan baik dan aman. Tidak boleh ada kegiatan yang tidak-tidak. Toko miras sementara dibatasi, termasuk bar-bar itu dibatasi. Bisa dibuka tapi  dibatasi, supaya keamanan itu berjalan baik,” sebutnya.

Ia berharap segenap warga Kabupaten Mimika dapat menjalankan segala bentuk ibadah dengan baik, serta perayaan Hari Raya Agama dapat dilakukan dengan khusyuk dalam iman kepercayaan masing-masing umat pemeluk agama.

“Pokoknya hari Paskah, bulan puasa serta Lebaran harus mulus jalan, tidak boleh ada yang merintangi. Umat beragama saling menjaga, agama-agama lain bisa menghargai. Tim doa FKUB harus jadi kuat. Saya sebagai ketua DPRD Mimika mendukung FKUB Mimika, jalankan program toleransi beragama. Saling menghargai satu sama lain dan toleransi harus ditingkatkan,” tandasnya. (Manu)