Translate

Redaksi Tabuka News | 13 July 2023

Dinkes Mimika Diminta Lengkapi Puskemas di Wilayah Pesisir Dengan Alat Transportasi

Dinkes Mimika Diminta Lengkapi Puskemas di Wilayah Pesisir Dengan Alat Transportasi


Timika, TabukaNews.com - Tidak ada alat transportasi untuk tenaga kesehatan di Puskesmas wilayah pesisir menjadi salah satu kendala bagi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di kampung kampung di wilayah Pesisir Mimika.

Anggota Komisi C DPRD Mimika dari Partai Perindo, Drs. Leonardus Kocu, meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika agar lebih peka dan segera menjawab kebutuhan alat transportasi tersebut.

"Contoh kemarin kita lihat di Kokonao,masa  Puskemas tidak mempunyai alat transportasi.Itu di Kokonao yang cukup dekat dengan Timika. di Kokonao itu saja jadi ukuran kurang perhatiannya Dinas Kesehatan terhadap sarana transportasi untuk Puskemas di pesisir apalagi di pesisir jauh, pedalaman dan pegunungan,"Kata Leonardus saat ditemui di Kantor DPRD Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah,Rabu (12/7/2023).

Leonardus mengatakan jika di Puskesmas-puskesmas  di pesisir tidak memiliki alat transportasi  yang memadai, maka bagaimana mungkin tenaga kesehatan di wilayah tersebut bekerja secara maksimal untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita punya anggaran untuk kesehatan itu cukup besar. Jangan hanya fokus dengan pembangunan dalam kota saja.

Puskesmas di pesisir itu diberikan alat transportasi untuk meningkatan pelayanan dan memudahkan pelayanan"kata Leonardus.

 Ia mengatakan bahkan untuk melakukan rujuk pasien ke Kota Timika saja menggunakan alat transportasi yang di sewa dan ini tentunya hal yang sangat memperihatinkan.

"Apa lagi rujuk ke RSUD pakai perahu sewa lagi.Hal seperti seharusnya dinas kesehatan harus peka.Setiap tahun adakan satu alat transportasi speed atau apapun itukan tidak terlalu susah.Speed harganya berapa"kata Leonardus.(Celo)