Translate

Redaksi Tabuka News | 24 July 2023

BKPSDM Mimika Resmi Launching Website

BKPSDM Mimika Resmi Launching Website

Timika - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah melakukan launching Website https://bkpsdmmimika.id  yang dilakukan oleh Sekda Mimika Petrus Yumte di Hotel Cendrawasih 66, Senin (24/7). 

Kegiatan tersebut dirangkai dengan Sosialisasi evaluasi data dan sistem informasi kepegawaian, serta pelatihan aplikasi Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) yang diikuti oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkup Pemda Mimika. 

Pj Sekda Mimika dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa, pemerintah sedang dan terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu dengan meningkatkan pelayanan digitalisasi yang merupakan salah satu program dari  reformasi birokrasi yang berdampak, tematik yaitu digitalisasi pemerintah.

"Tuntunan Publik akan pelayanan pemerintah yang tepat waktu tidak bertele-tele dan transparan sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk direalisasikan"kata Pj Sekda.

Ia mengatakan bahwa salah satu faktor yang bisa menjawab tantangan itu adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk mengoptimalkan kegiatan operasional yang mampu membantu proses pengumpulan, pengelolaan dan analisa data sehingga dapat mempercepat proses pengambilan keputusan.

"Karena teknologi informasi memegang peranan penting dan merupakan solusi dalam rangka meningkatkan kepastian pelayanan yang terstruktur",kata Pj Sekda.

Untuk itu lanjut Pj Sekda, ASN sebagai pelayan dituntut untuk mengaktualisasikan kinerja pelayanan semaksimal mungkin baik pelayanan publik bersifat langsung maupun tidak langsung, agar masyarakat  tidak lagi merasakan kesenjangan, ketimpangan antara kinerja yang diharapkan dan kinerja yang nyata yang belum optimal. Dengan demikian peningkatan pelayanan digitalisasi pemerintahan merupakan  salah satu kunci dalam melakukan transformasi kinerja pelayanan instansi pemerintahan kepada masyarakat.

Ia mengatakan bahwa, selain mewujudkan tuntutan program nasional dalam RB Tematik namun juga dapat merealisasikan visi dan misi kepala daerah Kabupaten Mimika yaitu  terwujudnya Mimika cerdas, aman, damai, dan sejahtera dengan salah satu misinya yaitu membangun regulasi dan sumber daya manusia  yang cerdas dan memahami teknologi informasi.

"BKPSDM mempunyai tugas membantu kepala daerah melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah khususnya di bidang kepegawaian yang diuraikan melalui misi pertama kepala daerah yaitu membangun regulasi dan sumber daya  manusia yang cerdas dan memahami teknologi informasi"kata Pj Sekda.

Pj Sekda mengatakan adapun Tindak lanjut nyata yang dilakukan oleh BKPSDM Kabupaten Mimika untuk mewujudkan visi dan misi tersebut yakni meningkatkan tata kelola kepegawaian.

BKPSDM Mimika mengambil langkah dengan menyediakan website pada link https://bkpsdmmimika.id website dibangun sebagai media untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat dan ASN terkait dengan kegiatan kegiatan kepegawaian kabupaten Mimika berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik sebagai salah satu penerapan E-Government  pada setiap lembaga pemerintah kabupaten,kota dan provinsi.

Pj Sekda mengatakan bahwa website BKPSDM Mimika memiliki banyak fitur yang dapat di akses oleh seluruh ASN Kabupaten Mimika antara lain fitur berita kegiatan kepegawaian, fitur artikel kepegawaian, fitur peraturan terkait kepegawaian, fitur konsultasi kepegawaian, fitur pengumuman tentang informasi kepegawaian, fitur statistik terkait perkembangan jumlah ASN kabupaten Mimika dan banyak lagi fitur lainnya yang dapat diakses sebagai informasi terkait dan terupdate.

Selain website BKPSDM, didalamnya memuat dua aplikasi yakni Sistem Informasi Administrasi Kepegawaian (SIMAK) dan Sistem Pengembangan Kompetensi ASN (Siaga Kompas).

"Pada kesempatan ini saya menegaskan agar seluruh pengelola kepegawaian untuk tidak hanya sekedar datang mengikuti kegiatan ini namum dapat memahami proses penggunaan aplikasi serta dapat mengimplementasikan dalam tugas pekerjaannya sehingga memudahkan penyelesaian pekerjaan secara efektif dan efisien"kata Pj Sekda 

Kepala BKPSDM Kabupaten Mimika Ananias Faot saat ditemui usai pembukaan mengatakan, dengan mengikuti pengembangan kompetensi ini nantinya Sub bagian SDM nantinya tidak perlu membawa berkas lagi ke BKPSDM saat melakukan pengelolaan administrasi kepegawaian. 

"Memudahkan dalam pengurusan kenaikan kepangkatan begitu juga dengan mutasi cukup input saja sudah bisa diproses tidak perlu lagi Kasubag Kepegawaian dan operator tidak perlu membawa berkas lagi ke BKPSDM itu lebih memudahkan,"tuturnya.

Terkait website, Ananias mengungkapkan website yang dilaunching tersebut memperbarui website yang lama yang tidak berfungsi lagi. 

"Sebenarnya sudah ada dibuat oleh Kominfo tapi Pasif, kemudian saya mengambil inisiatif untuk membuat yang baru ini. Dengan berbagai fitur yang lebih mempermudah pelayanan tentang birokrasi dari BKPSDM terhadap OPD-OPD yang ada ini,"kata Ananias. (**)