Translate

Redaksi Tabuka News | 25 May 2023

Bappeda Mimika Gelar Koordinasi Perencanaan Bidang

Bappeda Mimika Gelar Koordinasi Perencanaan Bidang


Timika , TabukaNews.com - Guna penyusunan dokumen evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mimika periode 2020-2024, Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan asistensi dan koordinasi perencanaan Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, berlangsung di ruang rapat Bappeda, Rabu (24/5/2023).

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Bappeda, Joseph Manggasa, S.T., M.Si., mewakili Kepala Bappeda mengatakan bahwa agenda ini merupakan evaluasi RPJMD tahun 2020-2024.

"Hal ini dilakukan supaya bisa mengukur pencapaian kinerja kita selama tiga tahun ini, dalam hubungannya dengan target-target RPJMD dan juga terkait dengan pencapaian indikator-indikator yang ada dalam RPJMD, yang dilakukan oleh setiap perangkat daerah," ungkap Joseph.

Ia menambahkan, "Jika ada lembar kerja yang diberikan, maka harus diisi berdasarkan data yang ada di masing-masing perangkat daerah, karena ini yang menjadi permasalahan kita setiap tahun, yakni belum validnya data yang diberikan."

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Paulus Dumais, S.Pd., M.M., saat menyampaikan sambutan Bupati pada pembukaan kegiatan menyatakan bahwa giat ini merupakan kegiatan rutin tahunan, dan pemerintah perlu melaporkan apa yang selama ini sudah dibuat melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membuka sistematika berpikir, agar data bisa dilaporkan secara baik, sehingga menjadi laporan yang bisa dipertanggung jawabkan," pesan Paulus.

Lanjutnya, "Berkaitan dengan kegiatan proyek, proyek itu memiliki tujuan, dan tujuan itu adalah visi dan misi dari OPD, yang diakumulasikan menjadi visi dan misi kabupaten. Untuk itu, kita harus pahami dengan baik visi dan misi kabupaten, Bupati dan Wakil Bupati, sehingga bagian program dari setiap OPD dapat menyusun laporannya dengan baik, sesuai visi misi yang ada."(Celo)