Translate

Redaksi Tabuka News | 26 May 2023

Bappeda Gelar Penyusunan Dokumen Indeks Pembangunan Daerah

Bappeda Gelar Penyusunan Dokumen Indeks Pembangunan Daerah


Timika, TabukaNews.com - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar laporan akhir penyusunan dokumen indeks pelayanan publik, indeks penurunan pelanggaran hukum, indeks kualitas pelayanan infrastruktur dan indeks pembangunan masyarakat, berlangsung diruang rapat Bappeda, Rabu, (25/5/2023).

Kegiatan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Paulus Dumais, S.Pd., M.M,.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Bappeda, Joseph Manggasa, S.T., M.Si., mewakili Kepala Bappeda menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian ketiga dari penyusunan dokumen terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Dua hari ini kami sudah menyiapkan RPJMD untuk itu kedepan, maka itu hari ini kita akan mengukur bagaimana kinerja pemerintah daerah dalam RPJM mencapai visi misi Kepala Daerah yang telah ditetapkan dalam RPJMD," kata Yoseph diketahui dari diskominfo.mimikakab.go.id, Jumat (26/5/2023)

Berkaitan dengan itu, Joseph juga menambahkan apapun hasil yang akan kita dapat dan lihat didalam pengukuran indeks ini merupakan hasil kerja dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terutama untuk mendukung pencapaian visi dan misi didalam RPJM.

"Dengan ini juga kita ketahui maksud dan tujuannya yakni untuk mengetahui seberapa besar realisasi dari indikator-indikator tersebut yang tercantum didalam indikator makro untuk Kabupaten Mimika," tutupnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Setda Mimika, Paulus Dumais, S.Pd., M.M., saat menyampaikan sambutan Bupati pada pembukaan kegiatan mengatakan bahwa ada 20 OPD yang berperan dalam penyusunan dokumen indeks, yang didalamnya menyangkut indeks pelayanan publik, pelanggaran HAM dan hukum, infrastruktur dan indeks pembangunan masyarakat.

Menutup sambutannya, Paulus juga berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik sehingga nantinya diwaktu yang akan datanh ketika ada pertanyaan terkait realisasi pembangunan di Kabupaten Mimika, Bapak ibu tentu sudah mengetahui sejauhmana pembangunan yang bisa di hitung dalam angka maupun penjelasan secara lisan. (Celo)