Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Tahap Dua, Penyidik Polsek Miru Serahkan Valen ke Kejaksaan

 

Timika,TabukaNews.com - Dinyatakan berkas perkara lengkap / P21, penyidik unit Reskrim Polsek Mimika Baru menyerahkan tersangka kasus pencurian yang disertai Kekerasan (Curas) berinisial VP alias Valen ke Kejaksaan, Jumat (29/5). 

Kapolsek Mimika Baru,Kompol Sarraju,saat dikonfirmasi membenarkan kalau pihaknya telah melakukan proses tahap dua.  "Memang benar tadi anggota penyidik Polsek sudah serahkan tahap dua," katanya. 

Diterangkan Kapolsek, bahwa tersangka VP alias Valen ditahan di rutan Polres Mimika berdasarkan laporan polisi  Nomor LP / 45 / I / Reskrim tanggal 25 Januari 2020. "Pasal yang di sangkakan terhadap VP adalah Pasal 365 ayat ( 2 ) ke 1 dan 2 KUHP,"terang Kapolsek. 

Disampaikan Kapolsek juga bahwa sebelum dilakukan gelar tahap II, VP alias Valen terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan bebas Covid - 19 di Klinik Tribata dengan pengawalan ketat dari anggota Subnit 2 Reskrim Mimika Baru.

 

Terang Kapolsek, VP alias Valen ini ditahan atas laporan dari Muhammad Ramadhani yang menjadi korbannya. "Kejadian itu Sabtu  (25/5) sekitar  pukul  04,30 Wit dengan TKP di Jalan Yos Sudarso Timika," terang Kapolsek.

Lanjutnya, bahwa tersangka VP dalam menjalankan aksinya tidak  sendiri namun bersama dengan beberapa rekan - rekannya yang juga telah ditahan oleh pihak kepolisian.

Perlu diketahui kejadian ini bermula saat korban Muhammad turun dari mobil dengan membawa ransel berwarna hitam di lokasi kejadian.  Sesudah turun dari mobil,korban kemudian membuka pintu bagasi untuk mengambil helem, tidak lama kemudian datang dari arah belakang salah satu pelaku yang merupakan rekan dari VP, melakukan pemukulan terhadap korban sambil merampas tas ransel yang ada di bahu korban. 

Korbanpun melakukan perlawanan sehingga terjadi tarik menarik antara korban dan pelaku. Pada saat terjadi tarik menarik datanglah rekan pelaku lainnya berjumlah dua orang dan melakukan pemukulan terhadap korban di bagian kepala belakang dan muka korban sambil menarik tas ransel, akhirnya tas tersebut terlepas dari bahu korban. 

Usai berhasil merampas tas korban, pelaku berlari menuju ke tersangka VP yang sudah menunggu dengan sepeda motor Yamaha Bison. Kemudian tersangka VP dan rekannya berlari menggunakan sepeda motor tersebut menuju ke arah Jalan Budi Utomo tembus ke arah Jalan Perintis. 

 

Namun dalam beberapa hari usai kejadian tersebut, penyidik Polsek Mimika Baru berhasil mengamankan VP bersama dengan rekannya. Diketahui isi tas korban yang dirampas tersangka berisikan 1 Unit Leptop merek ACER warnah abu – abu, dokumen – dokumen dinas koperasi Kabupaten Mimika,  1 Buah Carger Leptop merek Acer warna Hitam, 1 buah Power Beng Warna Abu – abu dan 1  buah Hardisk merek Toshiba ukuran 1 Tera warna Hitam.(Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika