Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Pemda Sikapi Nasib Mahasiswa Mimika, Di tengah Wabah Corona

 

Timika,TabukaNews.com – Ditengah maraknya wabah virus Corona atau covid – 19, sejumlah mahasiswa Mimika di kota studi mengalami kendala, diantaranya habisnya masa kontrak rumah juga kesulitan sembako, namun Pemerintah Daerah dengan sigap menindak lanjuti persoalan tersebut. 

Salah satu mahasiswa Timika di Jakarta,  Zion Anggaibak sempat mengemukakan kendala mereka di media social bahwa sejumlah mahasiswa Timika di Jakarta tidak meminta bantuan material namun meminta kepada pemda untuk memperpanjang masa kontrakan rumah yang digunakan sebagai asrama mahasiswa Mimika di Jakarta. 

“Kami mahasiswa Mimika di daerah khusus ibu kota Jakarta. Kami tidak meminta bantuan dalam bentuk material, kami cuma mau kontrakkan kami atau tempat tinggal kami diperpanjang, jangan salah tanggapi soal ini! Kami ini generasi kedepannya Papua khususnya Kabupaten Mimika,” ujar Zion yang dibagikan di media social. 

Zion menjelaskan, rekan rekan mahasiswa Mimika  memita bantuan kepada Pemda Mimika karena situasi dan kondisi saat ini, apalagi  di Ibu Kota Jakarta yang saat ini menjadi pusat penyebaran Virus Corona membuat para mahasiswa merasa khawatir karena tidak memiliki tempat tinggal. 

“Di Jakarta tempat kami tinggal saja sudah 800 lebih kasus terinfeksi Virus Corona!  Jangan pemerintah papua khususnya timika anggap ini hal sepeleh, ini masalah kemanusiaan, daerah lain bisa membantu mahasiswanya kenapa kami tidak?  Kami tidak meminta uang, kami cuma meminta kalian perpanjangkan kontrakan atau tempat tinggal kami! “ ujarnya. 

Menambahkan, Saat ini dirinya bersama  rekan rekanya yang lain sedang kesulitan!  Bingung mau tinggal dimana, apa kah mungkin nanti setelah kami terjangkit virus corona baru, pemerintah papua akan melihat kami? Jangan menganggap ini hal biasa kami juga manusia papua! .

“Saya tulisan ini, langsung keluar dari hati apa yang saya rasakan, saya sampaikan sebagai aspirasi untuk pemerintah papua! Jangan memanusiakan mereka saja yang  di papau tapi lihat kami juga anak-anak kalian yang ada di tanah perantauan!” ujarnya .

Lanjut Zion, “kalian (pemda), sendiri yang bilang kalau, orang papua punya nyawa lebih berharga dari apa pun. Jadi tolong pemerintah jangan lihat masalah ini dengan sebelah mata tapi pikir pakai otak, hati perasaan bagaimana!. “ ujar Zion dalam postingan tersebut. 

Menyikapi permintaan mahasiswa Jakarta tersebut,  Wakil bupati Mimika Johannes Rettob saat di konfirmasi, Selasa (7/4/20) mengatakan bahwa terkait masalah perpanjangan kontrak untuk mahasiswa di Jakarta sudah tidak ada masalah, pemeritah daerah telah menghubungi pemilik kontrakan untuk tetap di perpanjang  dan sudah disampaikan langsung kepada ketua ikana mahasiswa Mimika di Jakarta. 

 “Itu sebenarnya dari beberapa  waktu lalu, bagian SDM Pemda Mimika telah menghubungi Pemilik rumah untuk tetap memperpanjang kontakan untuk mahasiswa Mimika,” terang Wabup. 

Dijelasakan bahwa, pada prinsipnya masalah tersebut merupakan tangungjawab pemerintah daerah sehingga mahasiswa Mimika di Jakarta dan di kota studi lain untuk tidak perlu khawatir,  apabila ada kendala langsung sampaikan kepada pemerintah atau yang membidangi mahasiswa. 

 “Kami sudah komunikasi dengan pemilik rumah meminta kontak email, untuk mengirim draf perpanjangan kontrak kami tunggu fet beck dari pemilik kost, pemilik kost sudah mengerti dan sudah tidak ada masalah, karena situasi di seluruh indonesia libur jadi agak terlambat, pemda tetap tanggung jawab, ” jelas Wabup. 

Menembahkan, hal serupa juga dikeluhkan beberapa mahasiswa mimika di kota studi bandung, bukan soal tempat tinggal, karena mereka sudah tinggal di asrama melainkan  masalah bahan makanan karena kondisi saat ini membuat mereka tiadk bisa keluar untuk mencari makan namuan sudah di fasilitasi. 

“kemarin dari mahasiswa bandung juga mengeluh karena mereka tidak bisa keluar, tetapi pemda sudah memfasilitasi sehingga tidak ada masalah” jelas Jhon Rettob. 

Mewakili pemerintah daerah Kabupaten Mimika, meminta kepada mahasiswa mimika di berbagai kota studi untuk tetap menjaga kesehatan, dan selalu tinggal didalam rumah dan jangan lupa jaga jarak. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika