Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Kapolda Beberkan Hasil Kerja Satgas TNI-Polri Terhadap KKB

 

Timika, TabukaNews.com - Kapolda Papua,  Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, didampingi Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Kamis (16/4/20), membeberkan sejumlah barang bukti hasil rampasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berhasil diamankan kembali oleh Satuan Tugas TNI-Polri dalam melakukan tindakan penegakan hokum secara terukur.

Hal tersebut diungkap dalam konferensi pers yang berlangsung di Mako Brimob Batalyon Pelopor B Polda Papua, Jalan Agimuga, dari hasil penegakan hukum bermula dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Seltinus Waker di Kampung Wini, Distrik Tembagapura pada tanggal 15 Maret berupa 1 pucuk senjata AR 15 nomor seri 001237 yang merupakan hasil rampasan di Polsek Pirime, pada tanggal 27 November 2012.  Kemudian 1 pucuk senpi jenis AK 47 nomor seri 3008 yang dirampas di Pospol Kulirik Kabupaten Puncak pada tanggal 4 Januari 2014.

Selain BB senpi hasil rampasan yang berhasil diamankan kembali, Satuan tugas TNI-Polri juga mengamankan 1 pucuk senjata rakitan, 1 buah magazen jenis AR15, 1 buah magazen AK 47 dan 11 butir amunisi AR 15 dan 16 butir AK 47. Dari hasil penegakan hukum tersebut, 4 anggota KKB menjadi korban dan meninggal dunia.

Selanjutnya, upaya penegakan hokum juga dilakukan di Kampung Jayanti, Distrik Iwaka Kamis (9/4) lalu di sebuah Camp KKB, berupa 1 buah airsoft gun merk block, 1 buah senjata rakitan, 162 butir peluru, 10 buah selongsong, 20 buah HP, 2 buah HT , 3 buah bendera bercorak bintang kejora, 3 buah kampak, 3 buah busur panah, 90 buah anak panah, 11 buah parang, 7 buah senapan angin dan 11 buah potongan bagian dari senapan angin.

Terakhir adalah hasil penegakan hukum terhadap Camp KKB yang berada di Gunung Botak (10/4), berupa 1 pucuk senjata jenis SS1 V1 nomor DAT 695381, 1 buah magazen SS1 dan 17 butir amunisi 5, 56 ml. Senjata api ini merupakan senjata rampasan di Pospol Kulirik pada tanggal 4 Januari 2014.

Dari hasil penegakan hukum di Gunung Botak, satu orang dari KKB pimpinan LT berinisial MW yang terkenal sebagai penembak jitu meninggal dunia.

Dengan hasil penegakan hukum yang dilakukan satuan tugas TNI-Polri terhadap KKB di Kabupaten Mimika. Kapolda menjelaskan,  bahwa pada rangkaian tindakan KKB pihaknya memfokus khususnya ditanggal 14 Februari kemarin,  dimana telah datang rombongan besar KKB yang termonitor masuk ke areal wilayah Tembagapura yang langsung dipimpin LT.

 "Kenapa dikatakan besar, karena ada 4 kelompok yang kita tenggarai selama ini melakukan kekerasan yaitu kelompok di Yambi yang berada di Puncak Jaya dipimpin LT, kelompok Ilaga pimpinan MM, kelompok di Tembagapura pimpinan SW dan kelompok Ugimba yang dipimpin GW,"ungkap Kapolda. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika