Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Eltinus: Bandara Mozes Kilangin Buka Bulan Juni. Semua Tergantung Anggaran

 

Timika, Tabukanews.com - Penantian panjang warga Timika mengenai aktivitas bandara Mozes Kilangin nampaknya akan berbuah manis. Kabar gembira tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat ditemui wartawan disela-sela pemantauan pelaksanaan Pembatasan Sosial Diperluas Diperketat (PSDD) di persimpangan Jalan Cenderawasih-Budi Utomo Selasa (26/5).

"Kalau kita tidak ada support dana dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Papua, maka setelah tanggal 4 Juni kita akan buka aktivitas bandara kembali," tuturnya.

Menurutnya, pemberlakuan PSDD di Kabupaten Mimika telah banyak memakan anggaran daerah. Oleh sebab itu, pihaknya akan melanjutkan PSDD tahap kedua apabila pemerintah pusat dan provinsi mengalokasikan anggaran.

"Semua tergantung anggaran. Setelah tanggal 4 Juni nanti tidak ada anggaran dari pusat dan provinsi, kita akan bebaskan aktivitas meskipun angka positif terus naik, termasuk bandara kita buka kembali," ujarnya.

Menurutnya apabila pemerintah pusat sudah mengeluarkan wacana mengenai tatanan hidup normal kedepannya, pihaknya juga akan melakukan hal yang sama, mengingat anggaran negara terus akan tersedot dari kebijakan pemberlakuan PSBB maupun PSDD.

"Anggaran negara bisa habis dong kaalu begini terus. Kalau pusat sudah bilang aktivitas akan kembali normal, maka kita di daerah juga akan lakukan hal yang sama. Kita mau ambil anggaran dari mana untuk belanja kebutuhan masyarakat. Kita akan buka semuanya," imbuhnya. 

Merespon pernyataan tersebut, mayoritas warga Mimika mengucapkan terimakasih kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng, karena sudah menanti beberapa bulan agar aktivitas bandara kembali normal. (**)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika