Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Pembagian Sembako Belum Tuntas, PSDD di Timika Diterapkan Hari Ini

Timika, Tabukanews.com - Pemberlakuan Pembatasan Sosial Diperketat Diperluas (PSDD) di Kabupaten Mimika akhirnya diterapkan. Hal itu disetujui dan ditandatangani oleh Forkompinda yang hadir dalam pertemuan yang digelar di Hotel Grand Mozza, Rabu (20/5).

Kenyataan tersebut meleset dari prediksi sebelumnya, dimana sebelumnya Pemkab Mimika berencana akan menerapkan PSDD setelah pembagian sembako dikalangan masyarakat selesai.

Bupati Mimika dalam kesempatan tersebut menjelaskan, bahwa penerapan PSDD dilakukan dengan tujuan untuk membatasi aktivitas warga Mimika dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona.

"Meskipun masih ada warga yang belum dapat bantuan sembako, namun kita tetap akan berlakukan PSDD yang melibatkan unsur TNI/Polri yang akan menindak tegas warga yang masih beraktivitas diatas pukul 14.00 WIT," tuturnya.

Menurutnya, dalam penerapan PSDD tersebut seluruh jalan dalam kota maupun pinggiran akan ditutup total mulai jam 2 siang.

Menurutnya, penerapan PSDD akan disertai dengan tindakan tegas oleh aparat keamanan terhadap warga yang masih melanggar aturan yang telah disepakati bersama.

"Petugas gabungan yang berada di jalan akan menutup jalan-jalan utama maupun jalan alternatif pada pukul 14.00 WIT dengan tujuan menghalangi warga yang masih berkeliaran," ungkapnya.

 

Meski demikian, pihaknya memberikan kelonggaran kepada karyawan PT. Freeport Indonesia yang bekerja diarea low land Kuala Kencana serta karyawan kontraktor dan privatisasi termasuk tim kesehatan, Tim Covid-19, petugas PLN, Pengangkutan Logistik, Mobil Pertamina serta karyawan swasta yang bersifat pelayanan publik yaitu karyawan Hotel dan tenaga yang benar benar untuk melayani kepentingan warga.

"Kalau kita halangi karyawan, apa pemerintah bisa tanggung mereka dan keluarga mereka? Termasuk pekerja yang sedang mengerjakan proyek pemerintah. Jangan halangi mereka untuk bekerja. Kalau mereka kerja cuma sampai jam 2, kapan pekerjaan bisa selesai. Yang penting mereka tidak makan dan minum sama-sama," ungkapnya.

Adapun jalan yang akan ditutup oleh petugas gabungan meliputi sejumlah persimpangan dan ruas ruas utama baik di dalam kota maupun beberapa titik di distrik Wania, distrik Kuala Kencana, distrik Mimika Timur.  Persimpangan Polsek Kuala Kencana, SP3 menuju Jile Ale, Perempatan Base Camp SP2, Pertigaan Diana Mall, Persimpangan Bank Papua, Check Poin 28 arah Kwamki Narama, Pertigaan  Kantor POM Lama, Pertigaan PIN Seluler Koperapoka, Perempatan Jalan Serui Mekar, Perempatan Jalan Bogenvile-Jalan Pendidikan, Persimpangan Timika Mall, Perempatan Jalan Budi Utomo – Jalan Hasanudin, SPBU Nawaripi, Persimpangan SP1-SP4, dan beberapa titik lainnya. 

"Kita harap sementara PSDD diterapkan, tim juga berjalan membagikan sembako secara adil dan merata kepada warga yang belum menerima. Bukan berarti tunggu sembako dibagikan baru kita terapkan PSDD. Ini kita lakukan demi kebaikan bersama," imbuhnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, Ketua DPRD Kabupaten Mimika Robby Omaleng, Sekda Mimika Marthen Paiding, Kapolres Mimika, perwakilan Kodim 1710 Mimika serta pejabat dilingkup Pemda Mimika. (Evan)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika