Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Peduli Tenaga Kesehatan YPMAK Serahkan Bantuan APD ke RSMM

 

Timika, TabukaNews.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap tenaga medis yang sedang merawat pasien positif Covid 19, Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), Kamis (28/5/20),  menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada pihak Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM). 

Bantuan APD tersebut diserahkan oleh Wakil Direktur Perencanaan dan Program YPMAK, Ihfa Karupukaro kepada Ketua Yayasan Caritas Timika, Leo Tumuka dan disaksikan oleh Direktur RSMM dr. Theresia Nina Noviriana bersama perwakilan dari manajemen PTFI, Kerry Yarangga dan Ramlon Marbun.

Ihfa Karupukaro ketika ditemui Wartawan usai penyerahan APD mengatakan, bahwa pihak Yayasan juga turut membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid 19 di Timika. Tidak hanya kepada tenaga medis namuan juga kepada warga tujuh suku berupa bantuan sembako juga bantuan dana kepada pemerintah daerah.

"Penyerahan bantuan APD hari ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada tenaga medis yang sedang berjuang merawat pasien Covid 19," tuturnya.

Menurutnya, penyerahan tersebut merupakan bantuan tahap pertama, sementara tahap kedua masih dalam proses pengiriman yang terhambat karena terkendala penerbangan.

“Harapan kami bantuan APD ini bisa digunakan dengan baik, serta dipertanggungjawabkan dengan baik agar semua proses bisa berjalan sebagaimana mestinya," 

Ditambahkan, bahwa RSMM adalah aset YPMAK yang selama ini merawat pasien tujuh suku di Kabupaten Mimika.

"Kita berharap agar wabah Covid 19 ini segera berlalu dan dampaknya tidak terlalu banyak," harapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Caritas Timika, Leo Tumuka mengucapkan rasa terimakasih kepada pihak YPMAK yang telah menyerahkan bantuan APD tersebut.

“Terima kasih kami ucapkan atas bantuan ini, karena sangat mendukung pelayanan kesehatan kepada warga tujuh suku ditengah pandemi Corona di Timika," imbuhnya.

Sementara itu, dr Theresia Nina Noviriana mengatakan belum semua bantuan tahap 1 yang diberikan YPMAK karena terkendala ekpedisi.

Ia mengatakan YPMAK berkomitmen penuh dan mensuport terhadap RSMM dalam menangani pasien Covid-19 dengan bantuan tersebut.

“Bantuan yang diberikan sangat membantu kami dalam penanganan dan pemeriksaan pasien yang dicurigai sampai yang terkonfirmasi Covid-19,” ujarnya.

dr Nina mengatakan penanganan pasien Covid-19 di RSMM merujuk pada protokoler kesehatan. Mulai dari melakukan screening pada pasien yang dicurigai hingga yang melakukan kontak tracing dengan pasien penderita.

“Setelah screening kita lakukan rapid tes. Kalau positif dan gejala berat maka kami ajukan untuk dirawat. Setelah pemeriksaan swab dan PCR, jika RSUD penuh maka kami tahan di sini untuk dirawat. Saat ini ada beberapa pasien covid-19 yang dirawat di RSMM,” ungkapnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika