Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Jelang Putusan 7 Masyarakat Papua di PN Kaltim, TNI-Polri Lakukan Siaga

Timika, TabukaNews.com - Jelang putusan terhadap tujuh tahanan yang merupakan masyarakat Papua di Pengadilan Negeri (PN) Kalimantan Timur Rabu (17/6) besok,TNI dan Polri di Mimika melakukan siaga dengan menempatkan personilnya. 

"Kita akan melakukan siaga dibeberapa titik dan juga tetap melakukan siaga di masing-masing mako," kata Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata,SIK, Selasa (16/6) di Kantor Polres Mimika.

Menyikapi putusan PN Kaltim besok (Rabu),kata Kapolres bahwa pihaknya sudah mengundang para satuan dan unsur forkopimda yang ada. "Yang jelas hasil dari mapping kita situasi kamtibmas menjelang putusan tahanan, kemungkinan akan kondusif tapi kita tetap antisipasi.Tugas Polisi adalah pengayom masyarakat dan tentunya akan bekerjasama dengan unsur TNI dan pemerintahan agar selalu mengantisipasi,"kata Era. 

Salah satu bentuk melakukan antisipasi,menurut Era bahwa TNI-Polri menyiagakan personil. "Jadi apabila ada eskalasi meningkat kita akan melakukan penyekatan - penyekatan,"katanya.

 

Selain melakukan penyiagaan personil antisipasi putusan PN Kaltim, kata Era untuk saat ini pihaknya masih tetap fokus pada Covid - 19, sehingga diharapkan situasi tetap aman dan kondusif.

"Tentunya masyarakat diharapkan agar tidak melakukan pengumpulan- pengumpulan masa. Dan situasi sekarang sistem penanganan kita beda, dulu kita apel besar sekarang kita langsung ke tempat lokasi adanya potensi kerawanan,"katanya.

 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan, bahwa situasi saat ini kondusifkondusif, namun tetap harus antisipasi. 

"Jadi perkembangan situasi sampai saat ini memang ada beberapa indikasi adanya rencana aksi,tapi kita lihat eskalasinya cukup kecil.Bukan berarti mengabaikan, hanya saja terkadang suatu hal yang kecil bisa saja menjadi besar. Ini yang perlu kita antisipasi," ujarnya.

Dandim juga mengimbau kepada masyarakat umum dan tokoh-tokoh masyarakat dimana dalam situasi pandemi covid-19 ini agar tidak melaksanakan aksi ataupun kegiatan - kegiatan yang berkumpul.

"Ini demi kita, demi kesehatan dan keselamatan kita, tidak hanya orang-orang yang terlibat dalam suatu aksi tapi bagi masyarakat yang luas, artinya aspek kepentingan umum dan aspek kesehatan itu menjadi prioritas utama," ungkap Dandim. 

 

Disampaikan Dandim juga bahwa menyikapi situasi putusan di PN Rabu (besok) di Timika tidak ada gelar pasukan. Pasalnya saat ini situasi covid - 19, namun sudah disepakat akan langsung insert di titik-titik penyekatan yang sudah di tentukan.

Untuk di ketahui, tujuh tahanan yang sedang menunggu vonis putusan di PN Balikpapan adalah mantan Ketua BEM Universitas Cenderawasih, Ferry Kombo ,Ketua BEM Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, Alex Gobay ,Hengky Hilapok , Irwanus Urobmabin. Kemudian Buchtar Tabuni , Ketua KNPB Mimika ,Steven Itlay  dan Ketua Umum KNPB Agus Kossay. (Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika