Honorer Siluman Kembali Beraksi di Mimika

 Honorer Siluman Kembali Beraksi di Mimika

Timika, TabukaNews.com - Daftar seleksi CPNS dari jalur honorer K2 di lingkup Pemkab Mimika disinyalir dihuni ‘Honorer Siluman’ yang merupakan buah hasil praktek nakal sisip-menyisip nama. Akibatnya, kasihan, sejumlah nama honorer tulenpun tergeser dan tidak tentu nasib masa depannya. Sementara nama-nama baru yang diduga tidak pernah mengabdi sebagai honor seakan menari-nari di atas penderitaan orang lain.

Setelah sebelumnya temuan praktek nakal dalam seleksi honorer K2 di dua instansi yang berbeda beberapa hari lalu sempat viral di media sosial, kali ini hal serupa  kembali ditemukan di lingkup  Dinas Kesehatan. Para tenaga kesehatan (Nakes) yang sebelumnya telah mengikuti seleksi CPNS K2 itu menjadi harus menelan pil pahit didepak dari daftar lantaran terjadi pengangkatan di luar proses seleksi. Honorer Siluman ini seakan menambah luka bagi pegawai honorer yang sudah lama bekerja namun tidak lagi dipekerjakan. Miris. Ada yang telah belasan tahun mengabdi namun kandas karena kepentingan tertentu.

Salah seorang pegawai honorer di salah satu bagian di lingkup Pemkab Mimika yang enggan menyebutkan identitasnya, saat dikonfirmasi menyebutkan, setelah melihat surat yang beredar sempat kaget, pasalnya ada nama yang lolos seleksi tetapi ia tidak terdaftar sebelumnya, sehingga membuatnya bingung.

Dikatakannya lagi, perekrutan pegawai honorer yang tidak mengikuti proses seleksi dianggap sangat melukai rekan- rekannya.  Disebutkannya lagi, proses evaluasi yang seperti ini hanya bersifat seremonial belaka.

"Hasil seleksi yang diumumkan beberapa waktu lalu banyak terjadi kecurangan. Seperti teman saya di salah satu dinas mengatakan ada sisipan tenaga honorer baru yang mereka tidak pernah terlihat sebelumnya dan juga tidak terlihat mengikuti ujian. Ini tentu membuat miris bagi mereka yang sudah berjuang ikut seleksi dan menunggu lama yang berujung tidak ada kejelasan. Namun ternyata yang diterima adalah mereka yang kita tidak ketahui sebelumnya dan tanpa melampirkan hasil tes seleksi," ujarnya.

Dengan kejadian itu, ia meminta kepada Wakil Rakyat di DPRD Mimika untuk menyikapi serius kejanggalan ini. Pasalnya, tercovernya nama-nama yang diketahui tak pernah terdaftar sebagai honorer dapat menyebabkan kecemburuan sosial di tengah masyarakat. Bahkan hal itu dapat memicu konflik horizontal masyarakat.

Untuk mengelabui masyarakat, para 'Honorer Siluman' ini disisipkan sebagai tenaga honorer kegiatan agar tak terdeteksi keberadaan praktek tindakan KKN yang dilakukan.(***)

 

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata