Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Hari ke-8 PSDD, Hasil Rapid test 181 Warga Reaktif

 

Timika,TabukaNews.com –  Upaya penjaringan yang dilakukan Tim Gugus Tugas Pencepatan penagulangan COVID-19 Mimika, melalui rapid tes atau tes cepat antibody terhadap pelaku perjalanan dimasa Pembatasan Sosial Diperketat dan Diperluas (PSDD) di Mimika hingga hari ke-8 ditemukan sebanyak 181 resktif.

“Dari pelaksanaan PSDD hari ke 8 ini, sebanyak 148 orang terjaring,  6 orang diantaranya posisif rapid tes, sehingga secara keseluruhan selama pemberlakukan PSDD sebanyak  2015 orang  positif atau reaktif antibody sebanyak 181 atau 8.9 persen.” jelas Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19, Reynold Ubra dalam Video Conference Kamis (28/5/20) yang difasilitasi oleh Diskominfo Kabupaten Mimika. 

Pada saat jam diberlakukan PSDD, tim gugus tugas banyak menemukan hal hal aneh yang dilakukan oleh pelaku perjalanan yang terjaring, baik dari yang berdoa ketika diambil darah untuk tes cepat, ada yang berpura pura sakit, ada yang mengelabuhi petugas baha dirinya sudah melakukan rapid tes. 

Ada juga yang dala  keadaan mabuk melintas saat dimintai untuk melakukan rapid tes tidak tahan menerima hasil , warga laianya juga merasa cemas ketika menunggu hasil rapid tes. 

Bahkan dihari kamis itu satu pelaku perjalanan berusaha melarikan diri setelah dikteahui hasilnya reaktif anti bodi, namun ada juga yang kedapatan berkendara dalam keadaan dipengaruhi minuman keras sambil membawa minuman berakohol di sepeda motornya. 

Tidak jarang juga menemukan pelangar lalu lintas di jalan sat pemberlakuakn PSDD tidak melengkapi kendaraan , juta tidak melengkapai diri seperti tidak menunjukan SIM dan Surat kendaraan, bahkan petugas juga menemukan stiker siluman yang digunakan oleh para pelaku perjalanan. 

Sehingga apabila didapati pengendara yang melanggar aturan lalu lintas langsung ditangani pihak kepolisian dengan mengamankan kendaraannya di Polres sambil melengkapai kelengkapan kendaraan . 

Untuk diketahui, tim kesehatan yang terdiri dari dokter, petugas laboratorium dan penyelidikan epidemologi saat ini tersebar di 8 titik yaitu depan Gereja Tiga Raja, pertigaan Jalan Cenderawasih-Budi Utomo, Depan Pom lama, Pasar Lama, Timika Mall, Nawaripi, Puri Husada dan SP 2. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika