A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/cpanel/php/sessions/ea-php73/ci_sessioncd7bc7561426a836929bfd11d6d0238f49efd7f5): failed to open stream: Disk quota exceeded

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 176

Backtrace:

File: /home/ptinform/public_html/tabukanews.com/application/controllers/_Public_.php
Line: 9
Function: __construct

File: /home/ptinform/public_html/tabukanews.com/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /var/cpanel/php/sessions/ea-php73)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/ptinform/public_html/tabukanews.com/application/controllers/_Public_.php
Line: 9
Function: __construct

File: /home/ptinform/public_html/tabukanews.com/index.php
Line: 315
Function: require_once

Tabukanews.com | Dua Bulan Berjalan, Polres Mimika Berhasil Musnahkan 6.061 Liter Sopi

Dua Bulan Berjalan, Polres Mimika Berhasil Musnahkan 6.061 Liter Sopi

Dua Bulan Berjalan, Polres Mimika Berhasil Musnahkan 6.061 Liter Sopi



Timika,TabukaNews.com - Salah satu bukti keseriusan untuk menghilangkan peredaran miras lokal (milo) jenis sopi di wilayah Mimika. Selama dua bulan berjalan sejak Mei-Juni 2020 Polres Mimika berhasil musnahkan 6.061 liter sopi.

6.061 liter sopi ini berasal dari tujuh warga Timika yang saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Dari total 6.061 liter sopi ini, yang terlebih dahulu dimusnahkan dilokasi penggerebekan sebanyak 2800 liter,itu dikarenakan lokasi medan yang cukup sulit sehingga tidak bisa dibawah.  Sedangkan yang dimusnahkan di Polres Mimika Senin (22/6) pagi sebanyak 3.261 liter.

Tujuh tersangka ini diamankan ketika pihak kepolisian melakukan penindakan hukum di wilayah Polsek KP3 Laut Poumako, wilayah Polsek Mimika Timur, dan Mimika Baru.

"Ini pidananya cukup berat,karena melanggar beberapa unsur pasal," ungkap Kapolda.

Disampaikan Kapolda, bahwa beberapa unsur pasal yang dilanggar, diantaranya karena melakukan tindak pidana kejahatan yang mendatangkan bahaya bagi keamanan umum manusia atau Barang, tindak pidana perlindungan konsumen, tindak pidana pangan, sebagaimana dimaksud dalam pasal 204 ayat (1) KUHPidana dan atau pasal 62  ayat (1) Jo pasal 8 ayat (1) UU RI No. 08 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan atau pasal 140 UU RI No.18 tahun 2012 tentang pangan di pidana. "Pidana penjara paling lama 20  tahun," ujar Kapolda.

Ditambahkan Kapolda, bahwa untuk tersangka pembuat sopi yang diamankan di Kampung Kaugapu, itu lokasinya sangat tertutup dan medannya sulit.  "Jadi tidak semua orang bisa masuk karena lokasinya jauh, dibelahan sungai di bagian dalam hutan," ucap Kapolda.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob memberikan apresiasi kepada Kapolda yang memimpin langsung penertiban miras dengan didampingi Kapolres beserta jajarannya.

"Ini merupakan tantangan pemerintah kabupaten yang mana saat ini terus menerus kami arahkan untuk bagaimana minuman keras lokal ini bisa dieliminir,"ucap Wabup.

Menurut Wabup, bahwa proses ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan sangat membantu pemerintah kabupaten dalam rangka kamtibmas.

"Kami sangat berharap terus diberantas, karena miras ini ibarat sampah yang harus dibersihkan," ungkap Wabup.

Kemudian ditambahkan Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Era Adhinata,bahwa dilakukan penindakan hukum terhadap penjual maupun produksi sopi ini sudah mulai berjalan,kemudian ada penyampaian dari Wakil Bupati Mimika bahwa ada beredarnya penjualan sopi di Timika.

"Jadi dengan informasi ini kita fokuskan untuk mulai melakukan razia. Dan berhasil mengamankan tersangka beserta barang bukti," kata Kapolres.(Tim)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata